Brakkk, Dinding Sekolah dan TPT Ambruk

  • Whatsapp
WASPADA: Tim gabungan BPBD Kota Sukabumi saat berada di lokasi kejadian longsor

CIKOLE– Bangunan rumah hingga dinding sekolah ambruk tergerus longsor karena hujan lebat yang melandan Kota Sukabumi. Kendati tidak ada korban jiwa msupun luka, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 10. 500. 000.

Kepala Seksi Kesiapsigaan Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Kota Sukabumi, Zulkarnain menjelaskan, kedua titik longsor dipicu oleh hujan lebat. Peristiwa pertama, terjadi di SDN Kopeng I di Kelurahan Karamat Kota Sukabumi, kemudian peristiwa kedua di jalan Merbabu RT 05 RW04 tepatnya di belakang Puskesmas Tanjung Sari Kelurahan Karang tengah Kecamatan Gunung Puyuh.

Bacaan Lainnya

“Terdapat dua titik bencana yang terlaporkan, semuanya longsor, serta rata-rata meterial tanah dan tembok tergerus air hujan hingga ambruk,” jelasnya kepada Radar Sukabumi belum lama ini.

Akibat dua kejadian tersebut, lanjut Zul, dinding SDN Kopeng I kurang lebih berukuran 4 Meter ambruk, selanjutnya untuk yang di Tanjungsari mengakibatkan Tembok Penahan Tebing (TPT) ambruk dan menimpa rumah warga.

“Peristiwa itu semuanya selain dipicu oleh hujan yang intensitas nya lama juga karena rumah nya yang terindikasi telah lapuk sehingga rentan rusak tergerus,” ujarnya.

Kendati tidak ada korban jiwa maupun luka, sebut Zul, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 10. 500. 000. Saat peristiwa terjadi, penghuni rumah dapat menyelamatkan diri sehingga berhasil selamat. “Ditaksir kerusakan dan kerugian mencapai Rp 10. 500.000. Beruntung saat kejadian semua penghuni di dalam bisa terselamatkan dan langsung dievskuasi ke rumah sebelah oleh aparat gabungan dari BPBD, Koramil serta Polsek dan masyarakat setempat,” tandasnya.(upi/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *