BPBD dan PMI Kota Sukabumi Gelar Rangkaian Bulan PRB

  • Whatsapp
simulasi Bencana
Sejumlah peserta saat mengikuti kegiatan simulasi bencana bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Rabu (12/10).

SUKABUMI-– Berbagai cara dilakukan dalam rangka ikut berpartisipasi memperingati Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang biasa dilakukan secara serentak setiap bulan Oktober.

Salahsatunya seperti yang dilakukan oleh jajaran Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi dengan melakukan edukasi dan sosialisasi serta simulasi kepada sejumlah para Mahasiswa Muhammadiyah Sukabumi (UMMI).

Bacaan Lainnya

“Peringatan Bulan PRB bertujuan untuk mengajak semua pihak untuk ikut berkolaborasi melakukan upaya pengurangan risiko dilingkunganya masing masing sebagai upaya ikhtiar dalam pencegahan dan meminimalisir dampak terjadi bencana,”ujar Kepala Seksi dan Pencegahan dan Kesiapsiaagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, Rabu (12/10)

Menurut Zulkarnain, pihaknya mengajak semua pihak untuk ikut andil dan berkontribusi dalam agenda aksi pengurangan risiko bencana ini, dan tidak boleh menunggu bencana terjadi baru kita tergagap menolong masyarakat atau korban.

“Sebelum bencana terjadi kita harus melakukan sesuatu. Maka di dalam Pengurangan Resiko Bencana ada pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, dan peringatan dini. Ini yang dilakukan setiap tahunnya pada bulan Oktober,” terang Zulkarnain

Dalam hal ini, pelaksanaan Peringatan Bulan PRB 2021 dengan mengusung tema “Ketangguhan Bangsa Menghadapi Bencana”, peringatan Bulan PRB tahun 2021 diharapkan dapat menjadi wadah pertukaran informasi dan pembelajaran baik terkait aktivitas pengurangan risiko bencana.

Sehingga ketangguhan bangsa yang sejatinya berawal dari ketangguhan masyarakat sebagai individu mampu diwujudkan melalui berbagai upaya pencegahan

Zulkarnain mengatakan bahwa terselenggaranya kegiatan tersebut juga menjadi sebuah gerakan dalam perubahan menuju pembangunan yang lebih baik, berbasis pengurangan risiko bencana.

Sementara itu Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo menambahkan, dalam ikut mendukung pelaksanaan kegiatan bulan PRB ini pihaknya bersama BPBD Kota Sukabumi menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Salahsatunya mengadakan kuliah lapangan kesiapsiagaan bencana kepada para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan MBKM Project kemanusiaan bersama PMI Kota Sukabumi.

“Kita berharap dengan adanya peran akademisi dari mahasiswa saat ini menjadi pionir dilingkungannya untuk mengoptimalkan kembali peran perguruan tinggi dalam upaya Pengurangan Risiko Bencana,” harap Suranto.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *