Bencana Alam Kota Sukabumi, Longsor Ancam Rumah Warga di Karangtengah

Longsor kota Sukabumi

GUNUNGPUYUH – Bencana alam kembali terjadi di Kota Sukabumi. Kali ini, satu unit rumah milik Udin warga Kampung Babakan Jampang RT3/RW10, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, terancam longsor. Akibatnya, satu Kepala Keluarga (KK) dengan tiga jiwa terpaksa harus mengungsi di rumah saudara terdekatnya.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik menjelaskan, longsor terjadi sekira pukul 15.00 WIB, saat wilayah tersebut diguyur hujan.

Bacaan Lainnya

Dampaknya, tebing setinggi 25 meter dengan panjang 10 meter dan lebar empat meter longsor sehingga satu unit rumah warga terancam.

“Longsor terjadi saat turun hujan, sehingga satu unit rumah milik Pak Udin terancam longsor. Bahkan, saat ini kondisinya sudah miring,” jelas Novian kepada Radar Sukabumi, Senin (4/12).

Karena khawatir terjadi longsor susulan, sambung Novian, akhirnya BPBD Kota Sukabumi menyarankan agar pemilik rumah dapat mengungsi sementara waktu.

“Jarak rumah ke tebing sekitar satu meter, karena sangat membahayakan kami menyarankan pemilik rumah untuk pindah sementara waktu,” bebernya.

Saat ini, sambung Novian, pemilim rumah memutuskan untuk mengungsi di rumah anaknya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Tentunya, hal ini perlu dilakukan penanganan untuk membuka saluran air dengan cara kerja bakti hasil koordinasi dengan pihak RW dan kelurahan setempat,” bebernya.

Sejauh ini, BPBD sudah berupaya melakukan pengecekan lokasi dan aseesment, pemasangan rambu rawan longsor dan koordinasi dengan pihak kelurahan agar segera ada penanganan. “Untuk jumlah kerugian petugas masih melakukan aseesment di lapangan sehingga belum diketahui,” pungkasnya. (Bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *