30 Ribu Bidang Tanah Dijatah Sertifikasi

  • Whatsapp

CIKOLE – Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Kota Sukabumi menargetkan 30 ribu bidang tanah di 33 Kelurahan bisa mendapatkan sertifikat pada pelaksanaan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL) 2018 mendatang.

Jumlah cakupan tanah yang menjadi target program sertifikasi gratis tersebut lebih tinggi dibandingkan jatah yang diperoleh tahun sebelumnya yang hanya mencapai 11 ribu bidang tanah untuk 10 kelurahan.

Bacaan Lainnya

“Jadi siapapun warga Kota Sukabumi yang ingin mengurus surat pertanahan, bisa langsung menyiapkan diri. Mulai Januari 2018 Kota Sukabumi punya jatah 30 ribu bidang PTSL yang harus diselesaikan dan semuanya gratis,” ungkap Kepala ATR BPN Kota Sukabumi A Wajah Ganjar kepada Radar Sukabumi, kemarin (20/11).

Ganjar mengatakan bahwa program PTSL sebanyak 30 ribu bidang tanah merupakan program strategis nasional yang diberikan langsung doleh Presiden RI Joko Widodo untuk Kementerian ATR-BPN.

Ditargetkan pelaksanaan program tersebut selesai pada tahun 2019. Dengan begitu semua bidang tanah di Kota Sukabumi sudah terdaftar memiliki sertifikat seluruhnya.

Obyek yang menjadi target PTSL adalah seluruh bidang tanah yang belum bersertifikat. Oleh karenanya Ganjar mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar segera mempersiapkan dokumen kepemilikan surat tanahnya untuk menjadi peserta PTSL agar bidang tanahnya dapat dilakukan pengukuran atau pemetaan.

Setelah itu proses pemeriksaan akan dilakukan terhadap data fisik dan yuridisnya sehingga bisa diterbitkan sertifikat.

Ganjar mengklaim pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke setiap kelurahan dan kecamatan. Bahkan turun ke pelosok-pelosok kampung untuk mensosialisasikan PTSL ini.

Pihaknya juga meminta para camat dan lurah agar membantu melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Kemudian dilakukan inventarisasi dan verifikasi kepemilikan tanah masyarakat dan aset pemerintah untuk mendukung program strategis nasional ini.

Meskipun baru 4 bulan resmi bekerja di wilayah Sukabumi, namun Ganjar sudah menuntaskan sertifikasi lewat program PTSL sebanyak 11 ribu sertifikat untuk tahun ini.

Pihaknya berharap target tahun selanjutnya bisa tercapai.

“Intinya dalam setahun kedepan targetan harus rampung. Dan pertriwulan sertifikat sudah bisa diterima warga. Dalam hal ini kami juga bekerjasama dengan SMK untuk proses pengukuran dan lainnya,” jelasnya.

Karena itu pihaknya meminta semua pihak bisa membantu program tersebut terutama terkait pengawalan di lapangan tingkat desa dan kelurahan.

“Ini bukan hanya tanggung jawab BPN tapi juga menjadi tanggung jawab semua,” tutupnya. (cr11/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *