160 Unit Rutilahu di Kota Sukabumi Bakal Diperbaiki Tahun Ini

Rutilahu-Kota-Sukabumi
Proses pembangunan RTLH di Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum.

SUKABUMI– Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memperbaiki sebanyak 160 unitrumah tidak layak huni (rutilahu) di Kota Sukabumi. Perbaikan ini diharapkan menuntaskan masalah rutilahu di Kota Sukabumi.

“Rutilahu yang akan diperbaiki berada di empat kelurahan yaitu Subang Jaya, Cisarua, Nanggeleng, dan Cikundul, “kata Kepala Seksi Perumahan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, Yusuf Chaery, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Diterangkan Yusuf, pada tahun 2022 ini bantuan tersebut mengalami perubahan besaran anggaran bantuan. Di mana, jika sebelumnya hanya Rp 17.500.000 per unit, kali ini naik menjadi Rp 20 juta per unit. Saat ini sambung dia, perbaikan Rutilahu ini masih dalam tahapan verifikasi di tingkat Pemprov Jawa Barat, setelah validasi data dari setiap kelurahan. Harapannya proses rehabilitasi bisa dimulai Juli 2022.

“Targetnya proses pelaksanaan bisa berjalan lancar dan optimal. Sehingga masyarakat yang membutuhkan memiliki rumah yang layak untuk ditempati,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi berharap, perbaikan Rutilahu bantuan dari Provinsi Jabar ini mampu menuntaskan kawasan kumuh dan rutilahu secara optimal, sehingga angka kawasan kumuh pada 2022 dan 2023 terus menurun.

” Penuntasan kawasan kumuh dan rutilahu dilakukan optimal dan harapannya berhasil menurunkan angka kawasan kumuh pada 2022 dan 2023, harap walikota.

Fahmi juga mendorong, penuntasan kawasan kumuh tersebut menjadi fokus dalam Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Sukabumi untuk penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Sukabumi tahun 2023.

Setiap SKPD ikut berupaya meningkatkan indikator makro seperti IPM, persentase penduduk miskin, dan pengangguran. Dalam artian, setiap dinas memiliki peran memperbaiki target indikator makro misalnya mengurangi kawasan kumuh dalam mendorong Indeks Pembangunan Manusia (IPM). (*)

Rutilahu-Kota-Sukabumi
DPUTR Kota Sukabumi saat melakukan peninjauan Rutilahu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan