RS Betha Medika

Terapi Sehat Pasca Lebaran

Tentunya momen lebaran adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap masyarakat Indonesia. Selepas menjalani puasa sebulan penuh selama bulan Ramadhan, tentunya yang paling dicari oleh masyarakat adalah makanan lezat di hari yang fitri.

Jika masyarakat tidak dapat menjaga pola makan dan istirahat yang cukup, tentunya penyakit akan mudah berdatangan. Berikut yang dapat saya informasikan penyakit dan terapinya yang harus diketahui oleh masyarakat.

1. Lemak dan Kolesterol Jahat
Penyakit yang sering menjumpai masyarakat di paska lebaran adalah kolesterol. Pada saat lebaran makanan lezat yang mengandung santan dan gorengan dengan minyak akan banyak di sajikan. Untuk para masyarakat yang memiliki penyakit kolesterol. Terapi yang paling ampuh yakni menghindari makanan-makanan berminyak dan mengandung santan. Karena jika kita tetap mengkonsumsi makanan tersebut, maka tubuh akan mengalami berbagai gangguan.

2. Flu dan Batuk
Selain menyebabkan kolesterol, makanan yang mengadung minyak tentunya dapat menyebabkan radang tenggorokan yang pada akhirnya menyebabkan batuk. Selain itu aktifitas silaturahmi yang cukup padat pada saat lebaran dan kurangnya istirahat karena moment lebaran merupakan moment yang tepat mengunjungi sanak saudara dan tempat-tempat rekreasi. Aktifitas yang padat seperti itu menyebabkan tubuh kelelahan sehingga virus rentan menyerang.

3. Maag
Lagi-lagi makanan dan minuman sering berkaitan dengan penyakit ini. Makanan yang berasa pedas dan asam serta minuman yang mengandung gas dapat menyebabkan penyakit maag. Sehingga masyarakat wajib menjaga makanan yang cukup baik pada saat lebaran.

4. Hipertensi
Hipertensi juga sering didapati hinggap pada masyarakat tertentu yang memiliki penyakit ini di paska lebaran. Karena tingginya kadar garam dalam makanan, sehingga dapat menyebabkan naiknya tekanan darah oleh karena itu, masyarakat di anjurkan untuk mengurangi makanan yang memiliki kadar garam tinggi jika tidak mau penyakit ini menyerang masyarakat.

Berikut informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi masyarakat serta dapat menikmati paska lebaran yang lebih sehat dan melakukan aktifitas yang bermanfaat. Salam semakin sehat dari kami, keluarga besar RS Betha Medika. (*)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button