Menyusui Itu Investasi Terbaik

  • Whatsapp

Oleh : Pipit Puspita, AMKep
Perawat Pelaksana Keperawatan UPTD Puskesmas Cisaat

JANGAN mau termakan bujuk rayuan dari iklan susu formula di televisi. Mereka hanya menjajakan produk jualan mereka dengan janji-janji yang belum tentu bisa mereka penuhi. Tak peduli seberapapun hebatnya para sales susu formula tersebut menjual produk mereka, belum ada susu formula di dunia yang sanggup kalahkan hebatnya manfaat Air Susu Ibu (ASI) bagi kesehatan si buah hati.

Bacaan Lainnya

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan memang sangat baik bagi tumbuh kembang bayi. Namun, mungkin ada ibu yang belum tahu bahwa menyusui buah hati lebih dari 6 bulan memiliki segudang keunggulan. Mau tahu apa saja keunggulannya?

ASI memiliki banyak manfaat bagi bayi, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh, memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan, hingga menunjang pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Selain itu, ASI merupakan sumber nutrisi yang paling mudah dicerna dan aman untuk saluran pencernaan bayi.

Kalau ASI itu kaya akan nutrien unik yang  penting bagi perkembangan awal serta kesehatan bayi lho. Dalam berita yang dilansir oleh babycenter.com, the National Institute of Environmental Health Science menyebutkan bahwa kandungan immunoglobulin A (lgA) dalam ASI bantu bayi anda melawan bakteri dan penyakit.

Selain itu, bayi yang diberi ASI secara eksklusif terbukti lebih jarang menderita alergi. Kandungan lgA dalam ASI akan bekerja seperti sebuah lapisan yang melindungi system pencernaan sang bayi dari ‘kebocoran’ serta pembengkakan lambung. Hal tersebut nantinya akan berujung pada reaksi alergi dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Sistem pencernaan sang bayi bukan satu-satunya yang mendapatkan manfaat dari ASI. Sistem pernapasan buah hati Anda juga akan terlindungi dari Respiratory Syncytical Virus (RSV) yang menyerang sistem pernapasan pada bayi berusia dibawah 1 tahun.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa ASI tidak sekadar mampu menyehatkan, namun juga mampu meningkatkan kecerdasan  sang bayi. Dengan mendapat asupan ASI yang cukup sejak lahir hingga usia 6 tahun, tingkat kecerdasan bayi tersebut terbukti lebih tinggi daripada bayi yang tidak mendapatkan ASI.

Nah, Air Susu Ibu ternyata sangat bermanfaat bukan? Maka dari itu jangan ragu lagi kalau ingin menyusui anak Anda ya. Demi masa depan si kecil juga.

ASI Kaya Akan Zat Penting Bila dibandingkan ASI dengan produk susu kalengan atau formula untuk sang buah hati, ASI tetap terunggul dan tak terkalahkan. Karena ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh sang bayi seperti; DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi, oleh karenanya ASI jauh lebih unggul dibandingkan dengan susu apapun.

ASI mengandung antibodi ASI mengandung antibodi dalam jumlah besar yang berasal dari tubuh seorang ibu. Antibodi tersebut membantu bayi menjadi tahan terhadap penyakit, selain itu juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Karena ASI memiliki banyak keunggulan kandugan zat-zat penting yang terkandung didalamnya yang membuat bayi berkembang dengan optimal. ASI juga mempunyai keunggulan lain untuk pembentukan sistim Imun sang bayi.

Sistem imum merupakan sistim yang sangat krusial untuk sang bayi, semakin baik sistim imun anak maka akan membuat anak jarang sakit. Dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI, bayi yang mendapatkan asupan ASI mempunyai sistim imun atau sistim kekebalan tubuh yang jauh lebih baik.

ASI pertama yang keluar disebut  kolostrum atau jolong dan mengandung banyakimmunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit. Manfaat lain dari ASI yang tidak didapatkan dari susu formula adalah kandungan kolostrum yang keluar di awal-awal bayi menyusu. Kolostrum yang keluar saat bayi menyusu mengandung 1-3 juta leukosit (sel darah putih) dalam 1 ml ASI.

Perkembangan otak dan kecerdasan Menyusui membantu perkembangan otak. Bayi yang diberi ASI rata-rata memiliki IQ 6 poin lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Berdasarkan hasil studi Horwood & Fergusson tahun 1998 terhadap 1000 anak berusia 13 tahun di Selandia Baru, tampak kecenderungan kenaikan lama pemberian ASI sesuai dengan peningkatan IQ, hasil tes kecerdasan standar, peningkatan rangking di sekolah dan peningkatan angka di sekolah.

Penelitian oleh Lucas (1996) dan Riva (1998) yang menemukan bahwa nilai IQ anak ASI lebih tinggi beberapa poin. Tidak hanya itu, penelitian lain yang dilakukan di negara yang berbeda pada tahun 2002 juga seiya sekata dengan hasil studi Horwood & Fergusson. Richards dkk di Inggris menemukan bahwa anak-anak yang diberi ASI secara bermakna menunjukkan hasil pendidikan yang lebih tinggi.

IQ, ED dan SQ Lebih tinggi Semua hasil penelitian tersebut menyakinkan manfaat positif memberikan ASI bahwa anak ASI lebih cerdas. Anak yang diberi ASI akan lebih sehat, IQ lebih tinggi, EQ dan SQ lebih baik.

ASI adalah anugrah Allah SWT yang sama sekali tidak boleh di sis-siakan. ASI juga merupakan hak dari bayi yang lahir jadi kalau anda tidak memberikan ASI berarti anda telah melanggar hak asasi manusia. Anda juga bisa lebih dekat dengan bayi, Anda juga bisa jauh lebih dekat dengan bayi. Jika sering memberikan ASI bersyukurlah bagi ibu yang memiliki ASI berlimpah, karena tidak semua ibu bisa mendapatkan, bahkan banyak sekali ibu yang memakai berbagai cara agar ASI nya banyak. (*)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *