7 Khasiat Daun Pandan, Bisa Mencegah Diabetes dan Kanker

  • Whatsapp

JAKARTA – PANDAN adalah tanaman aromatik yang disukai karena wangi bunga yang manis dan keserbagunaannya. Daunnya yang runcing tumbuh dalam tandan berbentuk kipas dan tumbuh subur di iklim tropis. Pandan digunakan secara luas dalam masakan Asia Selatan dan Tenggara.

Air rebusan daun pandan yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kue, juga ternyata mengandung banyak manfaat kesehatan. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co, Sabtu.

Bacaan Lainnya

1. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang disebabkan karena tekanan darah tinggi. Apabila tidak segera diatasi, maka hipertensi bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti jantung dan stroke.

Salah satu cara yang efektif mengatasi penyakit hipertensi adalah mengonsumsi ekstrak daun pandan.

Minum air rebusan daun pandan secara rutin sebanyak 2-3 gelas berfungsi menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan ekstrak daun pandan juga bisa membantu mencegah obesitas.

2. Mencegah Diabetes

Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena kelebihan kadar gula darah. Penyakit ini apabila tidak segera diatasi maka bisa menimbulkan komplikasi hingga menyebabkan kematian. Salah satu cara paling mudah mencegah diabetes adalah dengan mengonsumsi ekstrak pandan. Ekstrak pandan berperan penting dalam meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas.

Sehingga hal ini secara efektif mencegah penyakit diabetes.

3. Mencegah Kanker

Salah satu cara paling mudah mencegah penyakit kanker adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun pandan. Sebab, daun pandan memiliki efek antimitotic, apoptosis dan sitotoksik. Beberapa kandungan ini berfungsi efektif dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, mengonsumsi ekstrak daun pandan secara teratur juga mampu mencegah penyakit kronis lainnya.

4. Menurunkan Risiko Depresi

Salah satu cara yang paling efektif meredakan stres adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun pandan.

Pasalnya, kandungan daun pandan memiliki efek penenang yang mampu mengurangi kecemasan dan stres. Sehingga mengonsumsi secara teratur ekstrak daun pandan secara efektif mampu mencegah gangguan depresi. 5. Mengatasi Diare Manfaat daun pandan berikutnya adalah mengatasi diare. Sebab, daun pandan memiliki efek antibakteri dan antimikroba yang membantu membersihkan bakteri berbahaya di dalam usus. Sehingga hal ini berfungsi efektif mengatasi diare yang disebabkan keracunan makanan.

6. Menyembuhkan demam

Sifat antibakteria pada daun pandan bisa mengatasi infeksi demam dalam tubuh. Caranya taruh 2 sampai 3 lembar daun pandan di dua gelas air mendidih kemudian saring. Minum sebanyak dua kali sehari.

7. Mengatasi insomnia

Senyawa alkaloid yang terkandung dalam daun pandan bisa menyembuhkan insomnia atau kesulitan tidur. Ambil beberapa lembar daun pandan, seduh dengan air mendidih. Tambahkan satu sendok makan madu, lalu minumlah selagi hangat.(genpi/jpnn)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *