KABUPATEN SUKABUMI

Warga Padasuka, Galang Dana Umat Untuk Umat

SUKABUMI – Warga RW 5 Kedusunan Padasuka, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar, menggelar pengalangan dana ummat untuk membantu warga yang terdampak dari virus corona atau Covid 19.

Kadus Padasuka, Tendy mengatakan, dalam memanfaatkan bulan suci Ramadhan, para donatur yang berada di wilayah Kedusunan Padasuka, telah bekerjasama untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu warga tidak mampu yang terdampak dari virus corona.

“Alhamdulillah, kami berhasil mengumpulkan ratusan paket sembako yang berisikan beras, mie instan, minyak goreng dan sembako lainnya, untuk disumbangkan kepada warga,” jelas Tendy kepada Radar Sukabumi, kemarin (5/5).

Menurutnya, seluruh warga di Kedusunan Padaduka telah bersinergi mulai dari masyarakat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk bahu membahu membantu warga yang tidak mampu akibat mewabahnya virus corona.

“Bantuan ini, dari umat untuk umat. Mudah-mudahan ratusan paket sembako ini, dapat meringankan beban masyarakat yang saat ini kesulitan untuk mendapatkan dan memenuhi kebutuhan pangan akibat terdampak dari Covid 19,” bebernya.

Kepala Desa Kertaraharja, Yati Nurhayati mengatakan, bantuan sosial berupa ratusan paket sembako untuk warga terdampak dari Covid 19 ini, merupakan hasil penggalangan dana dari para donatur yang ada di wilayah kedusunan tersebut.

“Iya, kalau hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah pasti akan sulit untuk menutupi kebutuhan warga yang terdampak dari virus ini. Makanya, kami berinisiatif melakukan kerjasama dengan para donatur untuk dapat menyisihkan sebagian penghasilannya untuk disumbangkan kepada warga terdampak,” katanya.

Saat pandemi Covid 19, ujar Yati, bantuan sekecil apapun akan dibutuhkan oleh warga, khususnya bagi warga yang hanya mengandalkan penghasilan harian.

“Semenjak virus corona mewabah, tidak sedikit warga yang hilang penghasilannya. Untuk menutupi kebutuhan pangannya, maka kami bekerjasama untuk bahu membahu memberikan bantuan sebanyak 150 lebih paket sembako kepada mereka,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, saat pendistribusian ratusan paket sembako pihaknya telah menginstruksikan sejumlah perangkat desa untuk melakukan sosialisasi dan edukasi agar mengikuti anjuran pemerintah mengenai pencegahan penyebaran virus corona.

Seperti edukasi untuk gemar mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Termasuk, menggunakan masker saat beraktivitas.

“Kami juga menghimbau kepada warga untuk mematuhi social distancing. Dan tetap berada di rumah saja untuk tidak bepergian keluar kota. Terutama, ke sejumlah daerah yang dianggap sebagai zona merah pandemik virus ini,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button