Warga Kebonpedes Kembali Donorkan Darah

  • Whatsapp
Camat Kebonpedes, Ali Iskandar bersama Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandani saat mendonorkan darahnya di Bale Sawala, Kampung Ranji, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Kamis (8/10).

KEBONPEDES — Puluhan warga Desa/Kecamatan Kebonpedes, mengikuti kegiatan sosial donor darah di Bale Sawala, Kampung Ranji, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Kamis (8/10). Kegiatan yang digagas oleh pemerintah Desa/Kecamatan Kebonpedes bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi ini, diikuti juga oleh aparatur pemerintah setempat.

Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandani mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan program unggulan pemerintah desa yang ada di Kecamatan Kebonpedes bersama Puksesmas Kebonpedes yang dinamakan Sabumi Matih (Sabumi Maparin Getih).

Bacaan Lainnya

“Setiap tiga bulan sekali, seluruh desa yang ada di Kecamatan Kebonpedes akan melakukan donor darah dengan cara bergiliran,” jelas Dadan kepada Radar Sukabumi, Kamis (8/10).

Selain menyelenggarakan donor darah, sambung Dadan, pada kesempatan tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan Samsat Gendong (Samdong) atau samsat keliling. Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya dalam memberikan pelayanan yang efektif kepada warga Desa/Kecamatan Kebonpedes.

“Donor darah ini, selain dijadikan sebagai program keunggulan pemerintah desa di Kebonpedes, juga merupakan bagian dari program desa siaga yang dimaksudkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” bebernya.

Camat Kebonpedes, Ali Iskandar mengatakan, sebelum melakukan donor darah, warga terlebih dahulu diperiksa tensi darahnya oleh petugas PMI dengan menggunakan alat pelindung diri Covid-19. Setelah itu, kesehatannya diperiksa dengan pengambilan sampel darah.

“Alhamdulillah, warga sangat antusias mengikuti aksi donor darah ini. Kita mendapatkan jumlah pendonor sebanyak 22 labu darah. Terdiri dari golongan darah A sebanyak dua labu, golongan darah B delapan labu, golongan darah O sembilan labu dan golongan darah AB tiga labu,” kata Ali.

Menurut Ali, kegiatan donor darah ini merupakan partisipasi sosial yang rutin dilakukan oleh pemerintah Kecamatan Kebonpedes bersama seluruh desa yang ada di wilayah tersebut. Untuk itu, seluruh darah yang terkumpul dari aksi donor darah ini, akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Kabupaten Sukabumi.

“Semoga melalui kegiatan donor darah ini, dapat membantu ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Sukabumi, khususnya ditengah pandemi Covid-19,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *