Warga Gunungguruh Ikut Donor Darah

  • Whatsapp
Petugas saat mengambil darah dari salah satu pendonor di GOR PGRI Kecamatan Gunungguruh.

GUNUNGGURUH — Puluhan warga Kecamatan Gunungguruh, mengikuti kegiatan sosial donor darah di Gedung Olahraga (GOR) PGRI Kecamatan Gunungguruh. Kegiatan yang digagas Puskesmas Kecamatan Gunungguruh ini, telah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi.

Kepala Puskesmas Kecamatan Gunungguruh, Dedi Setiadi mengatakan, aksi donor darah ini, telah mendapatkan sambutan antusias dari semua kalangan, baik warga, ASN maupun TNI dan Polri.

Bacaan Lainnya

“Kami berhasil mendapatkan sebanyak 27 pendonor, terdiri dari lima labu dari golongan darah A, delapan labu dari golongan darah B dan 14 labu dari golongan darah O,” kata Dedi kepada Radar Sukabumi, Jumat (14/8).

Menurut Dedi, ditengah pandemi Covid-19, donor darah sangat diperlukan untuk untuk menjaga ketersediaan darah baik di PMI maupun di setiap rumah sakit yang tersebar di Kabupaten Sukabumi.

Sebab itu, sebagai upaya menjaga stok darah tetap teredia, maka Puskesmas Gunungguruh bekerjasama dengan seluruh stakehoalder untuk menggelar donor darah.

Pengambilan darah telah dilakukan dalam masa pandemi Covid-19. Namun mematuhi protokol kesehatan. Untuk itu, sebelum melakukan donor darah, terlebih dahulu para pendonor diperiksa tensi darahnya. Setelah itu, kesehatannya diperiksa dengan pengambilan sampel darah.

“Pelaksanaan pengambilan darah menggunakan protokol kesehatan. Yakni pendonor dicek thermogun sebelum dites tensi maupun hemaglobin. Selain itu, petugas dari PMI juga mengenakan alat pelindung diri komplit,” paparnya.

Pihaknya menambahkan, donor darah diyakininya dapat bermanfaat dan membantu sesama serta sangat baik dilakukan bagi kesehatan pendonor itu sendiri. Pasalnya, darena dengan donor darah bisa meningkatkan produksi sel darah merah yang baik untuk kesehatan.

“Semoga darah yang didonorkan ini, dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Mengingat kegiatan donor darah ini sangat penting, karena satu tetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kemanusiaan,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *