Tim Tracing Covid-19 Sukabumi Harus Siap Hadapi Pasien

Puskesmas Cikakak
Pelatihan teknis tracing Covid-19 tingkat kecamatan di Puskesmas Cikakak, Senin (23/08).

SUKABUMI – Kepala Puskesmas Cikakak Kabupaten Sukabumi Gunaryadi menyatakan, tengah berupaya untuk melaksanakan proses tracing kepada masyarakat suspek atau kontak erat positif Covid-19 di tingkat kecamatan oleh tim tracking dari berbagai unsur hingga tingkat desa.

Hal itu disampaikan Gunaryadi usai melaksanakan pelatihan teknis tracing Covid-19 tingkat kecamatan di Puskesmas Cikakak, Senin (23/08). Ia menjelaskan, ketika ada masyarakat positif covid baik bergejala maupun tidak akan menjadi tanggung jawab tim tracing.

Bacaan Lainnya

“Positif itu ada yang bergejala dan tidak bergejala. Ada gejala ringan, sedang dan tinggi, nah yang tinggi biasanya langsung diharuskan segera dirujuk ke rumah sakit atas intruksi arahan dan dokter tim medis. Nah kondisi itu, seluruhnya menjadi tanggung jawab tim tracing atau treser nantinya,” ujar Gunaryadi.

Adapun tim tracking ini, sambung Gunaryadi terdiri dari beberapa komponen atau unsur pemerintahan dan masyarakat. Pertama adalah Satgas Covid – 19 tingkat desa ada kepada desanya. Unsur pemerintahannya ada tingkat lintas sektor kecamatan dan muspika.

“Adapun di tingkat desa, muspika sendiri mempunyai personil di yaitu Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang akan membantu di lapangan secara aktif dengan tim surpelen dari puskesmas untuk menyelesaikan atau mendata, menindaklanjuti apabila terjadi kasus- kasus berkaitan dengan covid-19,” paparnya.

Di tambahkan Gunaryari, hari ini data terkait Covid ini akan diintegrasikan oleh pemerintah pusat melalui aplikasi silacak. (Aplikasi Silacak adalah Sistem Informasi Pelacakan bagi tracer COVID-19 guna mendukung kegiatan testing, tracing, dan treatment).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *