Tekan Kasus Covid-19, Dinkes Sukabumi Rangkul Semua Unsur Masyarakat

  • Whatsapp
Covid
RAPAT : Kepala Bidang Kesehatan Masayakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi dr. Titin Malikatun Andadari bersama unsur lain saat melakukan rapat secara daring, Selasa (27/07)

SUKABUMI — Untuk menekan dan menurunkan lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Sukabumi, Dinkes Kabupaten Sukabumi merangkul semua unsur masyarakat. Mulai dari unsur Desa, PKK, Karang Taruna, Pramuka, Babinkabtibmas, Forum CSR, Saba Desa, Posyandu dan unsur lainnya.

Hal tersebut dilakukan guna cara untuk melandaikan kasus covid-19 di wilayah Kabupaten Sukabumi. Kepala Bidang Kesehatan Masayakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi dr. Titin Malikatun Andadari mengatakan, kegiatan ini bertujuan memetakan pencegahan penularan covid-19 di kalangan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Kita ingin semua masyarakat menyadari memahami dan pentingnya prokes, muara kegiatan Optimalisasi Promotive dan Prepentif semuanya bermuara untuk penurunan kasus covid-19. Mulai penanganan limbah yang baik, Penanganan Ibu Hamil dan lainnya kita berikan dan bahas dengan melibatkan unsur masyarakat yang nantinya dipraktekan di Bidangnya masing-masing, “jelas Dr Titin kepada Radar Sukabumi.

Dalam kegiatan tersebut selain dilaksanakan oleh unsur Dinkes turut mengundang juga dari unsur Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) dan unsur lainnya. Kabupaten Sukabumi sendiri memang sebelumnya pernah masuk ke Zona hijau, kemudian naik lagi ke zona orange bahkan mau ke merah akibat masyarakat lengah terhadap prokes. Untuk itu, Dinkes berupaya untuk kembali menekan penyebaran virus dengan segala upaya.

“Kita ingin masyarakat di 47 kecamatan ini memahami tentang prokes, dan menjaga kesehatan di masa Pandemi dengan melakukan pencegahan-pencegahan. Selain itu juga pihaknya akan melibatkan masyarakat di desa-desa untuk melakukan pelacakan kasus dan penanganan yang lebih baik lagi, “terangnya.

Mulai bagaimana menangani orang yang positif yang dikarantina dilingkungan masyarakat untuk dan menjaga kelompok berisiko terpapar virus corona. Meski hal ini tidak mudah, tentunya jika dikerjakan bersama-sama dengan semua unsur masyarakat, mudah-mudahan lonjakan kasus di Kabupaten Sukabumi bisa ditekan.

“Dinkes tidak bisa bekerja sendiri, perlu dukungan dan dorongan dari masyarakat. Caranya dengan mematuhi prokes dan tidak melakukan krumunan dan tindakan yang dilarang oleh pemerintah, kemudian mengikuti vaksinisasi. Intinya kuncinya ini harus dilakukan secara bersama-sama, “terangnya.

Pemberdayaan masyarakat dan keterlibatan masyarakat tentunya sangat diharapkan dinkes. Para relawan dan petugas dilapangan nantinya akan memastikan disiplin prokes di masyarakat dimulai dari RT/RW, Desa hingga kecamatan. Saat ini memang pemerintah sudah mengeluarkan beberapa jurus untuk menekan kasus, mulai dari 5 M, 3 T hingga Vaksinisasi. Nah sekarang tinggal masyarakat ikut terlibat sebagai unsur terkahir.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *