KABUPATEN SUKABUMI

Tak Berqurban, Baldatun Memilih Santunan Anak Yatim

SUKABUMI — Ada yang berbeda Perayaan Idul Adha 1441 H 10 Dzulhijah dari tahun sebelumnya. Masih merebaknya wabah Corona membuat sejumlah umat Islam tak leluasa melaksanakan Perayaan Idul Adha tahun ini. Namun, meski begitu Balad Ade Dasep Siap Turun (Baldatun) Center tetap merayakan Idul Adha dengan memilih menyantuni anak yatim piatu yang belum Baligh binaan.

Pendiri sekaligus penanggungjawab Baldatun Center Ade Dasep Zaenal Abidin mengatakan, sengaja untuk tahun ini pihaknya tidak berqurban. Tetapi, memilih untuk santunan yatim. Setidaknya, ada 130 anak yatim piatu yang berada di Desa Sekarwangi dari 17 RW yang disantuni.

“Tahun ini kami tidak berqurban, kami memilih menyantuni anak yatim. Hal itu, dilakukan semata untuk keberpihakan Baldatun Center kepada anak yatim untuk memakmurkan mereka, “ujar Baldatun Center kepada Radar Sukabumi, (31/07)

Menurutnya, kegiatan santunan anak yatim di hari Raya Idul Adha merupakan kali pertama dilakukan, bahkan kedepan acara santunan anak yatim di setiap Idul Adha akan digelar setiap dua tahun sekali.

“Rencana selang setahun saat Idul Adha saya akan menyantuni anak yatim, jadi kalau tahun selanjutnya berkurban, tahun selanjutnya lagi menyantuni anak Yatim, “jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Tradisi Baldatun Center dalam melaksanakan Qurban, skala prioritasnya adalah dibagikan kepada anak yatim binaan. Baru kemudian kepada  warga masyarakat. Semoga dengan dilaksanakannya santunan yatim bisa bermamfaat bagi anak-anak binaan, selain itu juga mereka bisa bahagia saat merayakan Idul Adha tahun ini. “Kebahagiaan mereka adalah harapan kami para pengurus Baldatun, makmur yatimnya makmur warganya,”tukasnya.

Sementara itu ketua Baldatun menambahkan, semoga dengan santunan anak yatim di hari raya Idul Adha ini tidak mengurangi khidmatnya berqurban sebagaimana anjura nabi.

“Semoga santunan yatim di Hari raya Idul Adha ini akan memberikan manfaat yang sama dengan menyembelih hewan Qurban, “tukasnya. (hnd)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button