Program GMM Baznas Kabupaten Sukabumi, Desa Pasirhalang jadi Pilot Project

  • Whatsapp
Desa Pasir Halang Baznas Kab Sukabumi
Ketua BAZNAS Kabupaten Sukabumi Unang Sudarma saat memberikan bantuan pupuk dan benih tanaman kepada DKM masjid didampingi Kepala Desa Pasirhalang, Yusup Poernama dan Camat Sukaraja, Erry Erstanto

SUKABUMI – Dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sukabumi, menggelar bimbingan tekhnis budidaya pertanian pada Gerakan Menghijaukan Masjid dan Mushola (GMM) kepada puluhan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja.

Ketua BAZNAS Kabupaten Sukabumi Unang Sudarma mengatakan, program GMM ini bertujuan untuk memfasilitasi DKM dan masyarakat di bidang pertanian.

Bacaan Lainnya

“Ini sebenarnya untuk menindaklanjuti apa yang sudah launching oleh Pak Bupati Sukabumi saat Ekspose Zakat dan Baznas Award di Gedung Negara Pendopo Sukabumi belum lama ini.

Jadi kegiatan sekarang di Desa Pasirhalang itu, merupakan implementasi dari kegiatan yang sudah diluncurkan oleh Pak Bupati,” kata Unang kepada Radar Sukabumi pada Rabu (22/09).

Dalam mengimplementasikan program GMM ini, ujar Unang, para jemaah di masjid akan menjadi pelaku dari kegiatan pemberdayaan.

Untuk itu, seluruh DKM di Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja diberikan bimbingan secara tekhnis agar mereka dapat mengetahui tentang pengelolaan dan pemberdaayaan dari program GMM tersebut.

“Tentunya harapannya ini bisa berjalan karena ini konsepnya merupakan pemberdayaan umat dan program ini bisa menghasilkan baik dalam tataran secara ekonomi maupun pada aspek lingkungan.

Selain itu untuk kegiatan ekonomi, program GMM ini akan menjadi produk yang menghasilkan nilai tambah penghasilan bagi para jemaah di setiap masjid,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Parakanlima, Yusup Poernama mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut yang kemudian dilakukan oleh pemerintah Desa Pasirhalang dan MUI Desa Pasirhalang. “Dalam kegiatan ini lebih kepada pemberedayaan pengurus masjid dalam meningkatkan kesejahtraannya,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *