KABUPATEN SUKABUMI

Polsek Kebonpedes Bentuk Lembur Tohaga Lodaya

RADARSUKABUMI.com – Dalam menjaga ketahahan pengan pada situasi pandemi virus corona atau Covid 19, Polsek Kebonpedes, Resor Sukabumi Kota, berencana akan membangun Lembur Tohaga Lodaya di Kampung Bobojong, Desa Jambenenggang, Kecamatan Kebonpedes, dalam waktu dekat ini.

Kapolsek Kebonpedes, Ipda Tommy mengatakan, pihaknya berencana akan membangun Lembur Tohaga Lodaya bekerjasama dengan seluruh stekehoalder yang ada di wilayah Kecamatan Kebonpedes.

Seperti, kepala desa, tokoh masyarakat, ketua UPT Badan Penyuluhan Pertanaian dan Puskesmas Kebonpedes.

“Kami sengaja akan membangun Lembur Tohaga Lodaya di lokasi itu, karena selain tersedia lahannya, juga masyarakatnya sudah memahami secara baik soal fungsi kampung tangguh,” kata Tommy kepada Radar Sukabumi, Rabu (1/7).

Pihaknya mengaku sudah dua kali melakukan peninjauan ke lokasi yang akan dijadikan Lembur Tohaga Lodaya tersebut. Dirinya menilai, masyarakat di kampung tersebut sangat apresiasi dengan rencana program itu.

Terlebih lagi, dengan situasi pandemi Covid 19, masyarakat di kampung tersebut masih bisa menciptakan zona-zona ketahanan pangan dengan biaya yang mudah, efektif dan efisien.

“Nanti kita akan bekerjasama dengan badan penyuluh pertanian Kecamatan Kebonpedes uantuk menyediakan bibit tanaman unggul yang akan ditanam di lokasi Lembur Tohaga Lodaya ini, khusus untuk tanaman produktif dengan jangka waktu panennya tidak terlalu lama, sehingga proses untuk konsusminya tidak terlalu lama,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengaku akan melakukan koordinasi dengan balai perikanan untuk berusaha mendapatkan bibit ikan berukualitas yang mudah dikonsumsi masyarakat dan memiliki nilai gizi yang cukup tinggi.

Bukan hanya itu, pihaknya juga telah memperhatikan protokoler kesehatan di sekitaran Lembur Tohaga Lodaya, sehingga mereka dapat terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat.

Diantaranya, menggunakan masker, sosial distancing gemar mencuci tangan dan lainnya.

“Tujuan dari Lembur Tohaga Lodaya ini, untuk mencipktakan ketahanan pangan secara luas.

Artinya di kampung itu msyarakat tidak akan kesulitan untuk medapatkan bahan pangan, karena di lokasi itu sudah diciptakan produksi pangan sendiri, mulai dari tanaman, ikan sebagai penyedia zat gizi proteinnya dan lainnya,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button