Pohon di Jalur Sukabumi – Palabuhanratu Dipangkas

Pemangkasan Pohon
DIPANGKAS : Personel gabungan dinas Perkim, Damkar, Satpol PP, Dishub dan jajaran Forkompimcam Palabuhanratu saat melakukan pemangkasan dahan pohon. (FOTO : NANDI/ RADARSUKABUMI)

SUKABUMI — Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Kabupaten Sukabumi dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan terjadi bencana tanah longsor dan pohon roboh di sejumlah titik ruas jalan nasional Palabuhanratu – Sukabumi.

Untuk itu, mengantisipasi terjadi dahan dan pohon roboh, tim gabungan dari jajaran Forkompimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Palabuhanratu dibantu personel dari Dinas Perkim, Damkar, Satpol PP, Dishub, BKSDA serta unsur relawan lainnya melakukan pemangkasan pohon di sejumlah lokasi.

Bacaan Lainnya

Salah satunya pemangkasan pohon dilaksanakan di jalan Cagar Alam Tangkuban Parahu, yang berlokasi di Kampung Batusapi, Kelurahan/ Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Lurah Palabuhanratu Hendriana mengatakan, pemangkasan dahan pohon dilakukan personel gabungan sebagai bentuk tindak lanjut usulan masyarakat sekitar RW 01, kampung Batu Sapi adanya beberapa pohon yang memiliki potensi kerawanan dan dikhawatirkan roboh ataupun tumbang.

“Memang ada beberapa yang sudah tumbang namun tertahan oleh kabel listrik, masih bersyukur masih tertahan dan tumbang ke jalan, makanya hari ini kelurahan memfasilitasi warga yang mengusulkan terkait pemangkasan pohon yang berada dipinggir jalan yang nampaknya rawan,” ungkap Hendriana kepada Radar Sukabumi. Senin, (2/1).

Dijelaskan Hendriana, pemangkasan pohon di ruas jalan tersebut melibatkan dinas dinas yang memiliki kewenangan dan juga memiliki fasilitas alat sehingga banyak personel yang teribat dalam kegiatan terlibat.

“Hari ini kita mengakomodir pemangkasan sekitaran hutan lindung Cagar Alam Tangkuban Parahu sekitar kampung Batu Sapi ini,” jelasnya.

Melihat cuaca yang melanda wilayah Kabupaten Sukabumi khususnya Palabuhanratu yang tidak menentu dan ekstrim, Hendriana menghimbau kepada para pengendara yang melintas untuk tetap waspada dan berhati hati.

“Kita ketahui bersama bahwa memang hari ini cuaca tidak menentu bisa dikategorikan hari ini sering terjadi cuaca ekstrim untuk itu khusunya bagi para pengendara yang melintas di jalan jalan yang sekitaran banyak pohon pohon besar untuk senantiasa berhati hati,” terangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *