Pemkab Sukabumi dan Pemkot Bogor Sepakat, Akselerasi Kerjasama Antar Daerah

Sekda Kabupaten Sukabumi
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman dan Sekda Kota Bogor Hj. Syarifah Sofiah Dwikorawati

PEMERINTAH Kabupaten Sukabumi membuat kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Bogor. Kesepakatan yang ditandatangani Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman dan Sekda Kota Bogor Hj. Syarifah Sofiah Dwikorawati ini bertujuan meningkatkan akselerasi kerjasama antar daerah.

Proses penandatanganan tersebut, dilaksanakan di Pendopo Sukabumi, Jumat, 10 Desember 2021. Selama pelaksanaan kegiatan, menerapkan protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Sekda Kota Bogor Hj. Syarifah Sofiah Dwikorawati mengatakan, kerjasama dengan Kabupaten Sukabumi merupakan langkah yang sangat strategis. Bahkan, berbagai bidang bisa dikerjasamakan dengan Kabupaten Sukabumi.

“Ke depan bisa kerjasama terkait pariwisatanya. Kita ketahui, Kabupaten Sukabumi banyak sekali objek wisatanya. Kalau Kota Bogor, lebih ke jasa dan kuliner,” ujarnya.

Menurutnya, Hal paling penting saat ini, ialah pasokan pangan ke Kota Bogor. Pasalnya, sumber produksi pangan di Kota Bogor sangat terbatas. Sementara warganya terus bertambah.

“Kami tak punya lahan yang melimpah. Dalam pemenuhan pangan, kita memerlukan jaringan dan kerjasama dengan banyak pihak,” ucapnya.

Oleh karena itu, dalam kehadirannya ke Kabupaten Sukabumi, dirinya mengajak Perumda Pasar. Hal itu untuk menindaklanjuti kerjasama secara business to business. Apalagi, di Kabupaten Sukabumi memiliki Perumda Agro.

“Kalau komunikasi antara business to business, bisa lebih cair lagi,” ungkapnya.

Dirinya berharap, kegiatan ini bisa terus ditindaklanjuti dengan pimpinan daerah masing-masing. Bahkan bila perlu, Pemkab Sukabumi berkunjung ke Kota Bogor.

“Ke depan, harapan kami ada kunjungan balasan ke Kota Bogor dalam pertemuan yang lain,” bebernya.

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan, wilayahnya tersebut memiliki banyak potensi. Baik dari sisi pariwisata, pertanian, peternakan, hingga perikanan. Selain itu, Pemkab Sukabumi memiliki sejumlah Perumda yang dapat menggeliatkan berbagai potensi yang ada.

“Peternakan di kita, banyak yang menopang Jakarta. Beras juga banyak, bisa kita suplai ke Bogor,” bebernya.

Dirinya menambahkan, pasca kegiatan ini bisa ditindaklanjuti lebih jauh lagi. Bahkan secara teknisnya, bisa dilakukan antar perangkat daerah.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sukabumi, saya mengucapkan banyak terima kasih,” pungkasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.