Musda Perhiptani 2021, Distan Kabupaten Sukabumi Harapkan Hal Ini

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) tahun 2021, dilaksanakan di Ruang Aula Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, Rabu (2/6/2021).

Hal itu bertujuan mewujudkan pertanian tangguh melalui optimalisasi peran penyuluh dalam membangun sumberdaya manusia petani yang maju dan inovatif.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri menyampaikan,“keberadaan penyuluh pertanian saat ini diyakini mampu berkontribusi besar dalam mendorong peningkatan kesejahteraan petani. Di samping itu, melalui para penyuluh pertanian diyakini para petani pun dapat meningkatkan kualitas SDM-nya.”

Tidak hanya itu sambung dia, kepengurusan dan anggota Perhiptani yang baru dapat bekerja secara maksimal dalam memberikan pengetahuan mengenai pertanian kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Bersungguh-sungguhlah memberikan informasi dan ilmu pertanian kepada kelompok tani dan kepada masyarakat supaya menjadi nilai ibadah dan banyak juga produk hasil pertanian yang akan bisa kita nikmati,” ujar Iyos.

Wabup berharap, seluruh peserta mampu memanfaatkan momentum tersebut menjadi ajang saling berbagi pengetahuan di bidang pertanian.

“Ini sebagai ajang silaturahmi untuk sharing di bidang knowledge, skill, ability, dan attitude dalam menindaklanjuti pengembangan sektor pertanian di daerahnya masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Distan Kabupaten Sukabumi, Sudrajat menambahkan setiap penyuluh ada regulasi setiap lima tahun sekali, agar dapat ide kreatif baru dalam sektor pertanian misalnya pengembangan kebun.

“Musda Perhiptani ini bertujuan untuk mengikat dan menyemangati semua kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Sukabumi. Selain itu, perhutani dapat memantau dan mengendalikan penyuluh di lapangan,” tambahnya.

“Dengan adanya wadah kepengurusan Perhiptani ini, bisa memantapkan manajemen organisasi dengan mengedepankan akuntabilitas dan profesionalitas sehingga organisasi mampu mendorong kegiatan pertanian di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas pokok sebagai penyuluh dan pengurus organisasi melalui kegiatan-kegiatan pertanian”, ucap Sudrajat.

Pos terkait