KABUPATEN SUKABUMI

Ormas Soroti Membludaknya Wisatawan Sukabumi

SUKABUMI — Membludaknya wisatawan setiap akhir pekan di Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, menuai sorotan dari berbagai kalangan.

Salah satunya, dari Organisasi Masyarakat Demokrasi Indonesia Anti Gerakan Anarkisme (Diaga) Muda Indonesia Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Kabupaten Sukabumi, menilai di tengah pemberlakuan Penerapan Sosial Bersekala Besar (PSBB) ini pemerintah harus mengambil sikap tegas terhadap para pelancong yang hendak mendatangi objek wisata.

Pasalnya, dengan banyaknya para pengunjung akan berdampak terhadap lamanya penanganan penyebaran virus Corona.

Sekjen Diaga Muda Indonesia Kabupaten Sukabumi, Dewek Sapta Anugrah mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sukabuni harus segera mengambil langkah antisipasi demi menekan tingginya penyebaran Covid-19 ini.

“Terlebih, Pemda Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pariwisata saat hingga saat ini belum membuka sektor pariwisata yang ada di wilayah kabupaten,” kata Dewek kepada Radar Sukabumi, Senin (22/5).

Sebab itu, Pemda melalui dinas terkait perlu masif dalam memberikan informasi bahwa kawasan wisata ini belum di buka. Selain itu, lembaga terkait seperti Satpol PP sebagai penegak aturan pemerintah perlu bergerak untuk menghimbau wisatawan yang datang agar dapat menekan pertumbuhan Covid-19.

“Mungkin karena kurangnya sosialisasi sehingga banyak pengunjung yang datang. Karena itu, perlu adanya langkah antisipasi dari pemerintah, apalagi saat ini dibeberapa wilayah masih PSBB,” ujarnya.

Karena ini berkaitan dengan keselamatan masyarakat Sukabumi, lanjut Dewek, sehingga perlu ada tindakan preventif agar lonjakan wisatawan ini tidak terus membludak di tengah penerapan PSBB yang sampai saat ini masih berlaku di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Pemerintah harus bergerak secepatnya jangan sampai pengunjung tetap dibiarkan masuk ke tempat wisata,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kabupaten Sukabumi, Iwan Iskandar ATD memaparkan, setiap libur akhir pekan arus lalu lintas menuju sejumlah objek wisata di Kabupaten Sukabumi mengalami peningkatan. Seperti Jalur Palabuhanratu dan Geopark Ciletuh.

“Memang setiap akhir pekannya ada peningkatan volume kendaraan. Tetapi meski demikian kami tidak ada keweangan untuk memutar balik setiap kendaraan yang mau menunu objek wisata tersebut.

Paling kalau ada kendaraan seperti pick up yang membawa orang baru kita lakukan peneguran karena kendaraan tersebut tidak sesuai dengan kapasitasnya. Dan itu, sangat membahayakan bagi penumpang,” parnya.

Menurutnya, setiap akhir pekan sejumlah personel Dishub siaga disetiap jalur wisata baik Pantai Palabuhanratu maupun Geopark Ciletuh. “Kami menghimbau masyarakat tidak berwisata dulu sementara waktu apalagi saat ini tempat wisata masih belum di buka,” pungkasnya. (bam/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button