Nusa Putra : Silicon Valley Cikidang, Peluang atau Tantangan?

  • Whatsapp
SEGERA DIBANGUN : Kondisi kawasan Saolin Cikidang yang akan digadang-gadang menjadi Silicon Valley.

SUKABUMI–Dalam waktu dekat akan dibangun “Silicon Valley”nya Indonesia di Sukabumi dengan nama “Bukit Algoritma”. Kawasan ini akan menjadi salah satu pusat pengembangan inovasi dan teknologi, seperti robotik, drone (pesawat nirawak), energy storage, dan panel surya yang merupakan energi ramah lingkungan.

Menanggapi itu, dosen Teknik Elektro Universitas Nusa Putra, Aryo De Wibowo mengatakan jika inovasi dan teknologi ini merupakan materi yang dipelajari di Teknik Elektro Universitas Nusa Putra, robotik dan drone dipelajari di D3 Teknik Elektronika (Masa studi 3 tahun), sedangkan panel surya dan energy storage dipelajari di S1 Teknik Elektro Arus kuat (Masa studi 4 tahun).

Bacaan Lainnya

Tentunya hal ini menjadikan peluang kerja bagi lulusan Prodi Teknik Elektro menjadi lebih luas serta lebih dekat lagi dengan keberadaan “Bukit Algoritma” di Sukabumi. Akantetapi keberadaan Bukit Algoritma menjadi sebuah tantangan bagi SDM Indonesia, karena kalau SDM ini tidak siap, maka tenaga kerja asing yang akan mengisi posisi-posisi di kawasan ini.

“Prodi Teknik Elektro berkomitmen penuh (all out) untuk mempersiapkan lulusan Teknik Elektro Universitas Nusa Putra berkualitas dan berdaya saing tinggi. Berkualitas dengan mendidik mahasiswa agar memiliki kemampuan hardskill dan softskill yang sangat baik, terbukti dengan program-program yang ada di Teknik Elektro Universitas Nusa Putra. Dalam berdaya saing tinggi, mahasiswa Teknik Elektro dituntut untuk dapat berkompetisi dalam bidang akademis dan penelitian melalui keikutsertaan dalam publikasi jurnal tingkat Internasional, ” ujar Aryo yang juga menjabat sebagai Kepala Program Studi Teknik Elektro di Universitas Nusa Putra.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *