Milad Persaudaraan Petani Suryakencana Sukabumi ke 6, Ibu-Ibu Berebut Sedekah Bumi di Sukaraja

Sedekah Bumi Sukabumi
Ibu-ibu saat berebutan sayuran sedakah bumi untuk memeriahkan Milad ke 6 PPSS di Kampung Bunisari, Desa Langensari, Kecamatan Sukaraja pada Selasa (18/07).

SUKARAJA – Ratusan warga Sukabumi, datang berbondong-bodong memeriahkan sedakah bumi yang merupakan salah satu rangkaian Milad Persaudaraan Petani Suryakencana Sukabumi (PPSS) ke 6.

Kegiatan yang dipusatkan di Kampung Bunisari, RT 03/RW 14, Desa Lagensari, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi itu, mendapatkan sambutan antusias dari warga Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Berbagai ragam hasil pertanian dipajang dalam bentuk gunung-gunungan. Di dalamnya terdapat sayuran kol, bawang daun, wortel, cabai, tomat dan sawi hijau, buncis, terong panjang yang dijejer bertingkat hingga membentuk segitiga.

Ketua PPSS, Herlan Suryadih mengatakan, kegiatan sedekah bumi merupakan salah satu bentuk dari rasa syukur para petani dari hasil panennya. “Grebek sedekah bumi ini, melambangkan rasa syukur kami kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi,” Herlan kepada Radar Sukabumi pada Selasa (18/07).

Grebek hasil sedekah bumi dengan berbagai macam sayuran hasil menanam petani yang dibuat gunung bertingkat itu, telah diserbu warga usai melakukan potong tumpeng. “Sabanyak 6 ton sayuran dari setiap petani yang dibentuk dengan gunung bertingkat setinggi 3 meter itu, langsung diburu warga,” imbuhnya.

Persaudaraan Petani Suryakencana Sukabumi
Ibu-ibu saat berebutan sayuran sedakah bumi untuk memeriahkan Milad ke 6 Persaudaraan Petani Suryakencana Sukabumi di Kampung Bunisari, Desa Langensari, Kecamatan Sukaraja pada Selasa (18/07).

Masyarakat yang didominasi dari kalangan ibu-ibu itu, pun saling berebut untuk mendapatkan sayuran tersebut. Bahkan, beberapa di antaranya ada bapak-bapak yang memanjat bambu untuk diberikan pada istrinya. “Kami di sini mungkin ingin memberikan sedikit hasil pertanian kepada masyarakat. Semua komoditi sayuran ada di sini. Arti dari simbolis ini kami ini tidak ada keserakahan, kami ingin berbagi,” imbuhnya.

Salah seorang warga Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Neng Esih (45) mengatakan, ia bersama suaminya sengaja mendatangi lokasi tersebut, dengan tujuan bukan hanya untuk mendapatkan sayuran saja. Tetapi, ia juga ingin menjalin silaturahmi dengan para petani di wilayah tersebut. “Iya, ramai juga bisa berebut sayuran pada momen sedekah bumi itu. Jadi, kami bisa menikamati hasil panen para petani disini,” jelasnya.

Menurutnya, selain keseruan pada grebek sedekah bumi ini, juga bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli kebutuhan dapur. “Iya, lumayan kami jadi bisa hemat. Karena, berbagai sayuran ada disini,” pungkasnya. (Den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *