Melihat Aksi Masyarakat Palabuhanratu Sukabumi dalam Kegiatan Jumsih

Jumsih Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi
KOMPAK BEBERSIH: Kegiatan Bersih Sampah yang dilakukan di Jalan Siliwangi Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/6).

Pungut Sampah Diharapkan jadi Karakter Peduli Lingkungan

SUKABUMI – Ratusan masyarakat di Palabuhanratu terjun ke jalan, Jumat (3/6). Satu persatu sampah yang berserakan, baik di jalan, trotoar maupun halaman perkantor dipungut. Ternyata sedang ada kegiatan Jumat Bersih (Jumsih).

NANDI, Palabuhanratu

Bacaan Lainnya

CAMAT Palabuhanratu Ali Iskandar mengatakan, kegiatan Jumsih merupakan agenda rutin. Sebagai ibu kota kabupaten, kata Ali, Palabuhanratu harus bersih dari sampah. Maka, penanganan sampah harus melibatkan semua unsur sehingga bisa bersama dan bahu-membahu menangani dan peduli lingkungan dan kebersihan.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh tauladan bagi masyarakat kita, terutama dalam penanganan sampah, dan kemudian jadi karakter dan prilaku masyarakat untuk peduli sampah,” kata Ali.

Ali menjelaskan, kegiatan Jumat Bersih sebagai bentuk ajakan secara tidak langsung kepada masyarakat di sekitar Palabuhanratu untuk mendisiplinkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sehingga diharapkan dengan adanya transformasi pengetahuan bisa wujudkan kesadaran dan timbulkan kepedulian terhadap penanganan sampah.

“Tentunya masyarakat sendiri yang akan menerima manfaat dari kegiatan ini, terciptanya lingkungan yang bersih, pribadi yang bersih dan gaya hidup selalu dalam kebersihan,” jelasnya.

Sementara itu Kasatpol PP Kabupaten Sukabumi Dodi Rukman Meidianto melalui Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Ketertiban Umum Ketentaraman Masyarakat pada Satpol PP Okih Fajri Assidiq menambahkan, kegiatan bersihbersih sampah dilakukan mulai dari Jalan Siliwangi, Jalan Cangehgar, Jalan Badak Putih dan sekitar area kantor Setda Kabupaten Sukabumi serta Alun-alun Palabuhanratu.

“Mekanisme pembersihannya sampah di pungut, setelah terkumpul dimasukan dalam plastik, selanjutnya di kumpulkan diangkut kendaraan truk milik Dinas Lingkungan Hidup,” timpalnya.

“Jumsih ini melibatkan berbagai perangkat daerah yang ada di wilayah Ibu kota Kabupaten, kurang lebih 500 orang terjun ke jalan lakukan bersih bersih sampah,” terangnya.

Pantauan di lapangan, kegiatan Jumsih juga diikuti ratusan pelajar yang ada di wilayah Palabuhanratu, serta dibantu TNI Yon Arhanud 3/YBY, Satpol PP, Damkar, pegawai negeri sipil, Posal Palabuhanratu, Koramil, Polsek, Pelajar, Pramuka, dan OKP Ormas. (radarsukabumi)

Jumsih Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi
KOMPAK BEBERSIH: Kegiatan Bersih Sampah yang dilakukan di Jalan Siliwangi Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/6).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan