Kembali, Kloter 28 Berkurang

  • Whatsapp

CIKEMBAR – Jamaah haji Kabupaten Sukabumi mulai meninggalkan tanah suci. Malam tadi, kelompok terbang (Kloter) 28 tiba di tanah air sekitar pukul 17.40 WIB. Dari total 405 jamaah haji Kloter ini, tiga diantaranya meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di Mekah.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji ( PPIH ) Kabupaten Sukabumi, Ramlan Rustandi menjelaskan, para jamaah hajii Kloter 28 ini tiba di Embarkasi, Bekasi sekitar pukul 17.40 WIB. Dijadwalkan, mereka tiba di Sukabumi sekitar pukul 22.40 WIB.

Bacaan Lainnya

“Insyaallah mereka kembali dengan menyandang haji yang mabrur. Harus kami sampaikan, bahwa ada tiga jamaah Kloter ini yang meninggal di tanah suci,” ujar Ramlan Rustandi, kepada Radar Sukabumi, kemarin (15/9).

Dikatakan Ramlan, penyebab kematian ketiga orang jamaah itu karena kondisi kesehatan. Mereka mengalami gangguan kesehatan saat melaksanakan rangkaian ibadah haji. Sesuai dengan aturan pemerintahan Arab Saudi, jamaah yang meninggal akan dikebumikan di Arab Saudi.

“Kita doakan semoga mereka husnul khatimah. Serta yang telah kembali menyandang predikat haji yang makbul dan mabrur,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Bina Sosial dan Keagamaan Kabupaten Sukabumi, Unang berharap, jamaah haji yang kembali ke kampung halamannya menjadi motivator bagi masyarakat di lingkungannya.

Terlebih ia berharap, para jamaah ini menjadi motor penggerak pembangunan manusia yang religius di daerahnya masing-masing. “Semoga menjadi haji yang mabrur sehingga dapat membantu mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri,” singkatnya. (cr15/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *