Jalan Gunung Bakal Batu Dibeton

  • Whatsapp
Warga bersama pemrintah Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampangtengah, saat gotong royong membangun jalan baru di Kampung Gunung Batu, Jumat (5/6).

SUKABUMI – Warga Kedusunan Kubang dan Kedusunan Sampalan, Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampangtengah, akhirnya bisa bernafas lega. Bagaiman tidak, kondisi jalan rusak yang menghubungkan dua kedusunan di desa tersebut, kini tengah diperbaiki.

Kepala Desa Sindangresmi, Iyan Mardiyana mengatakan, Desa Sindangresmi memiliki total jalan desa sepanjang 28 kilometer dengan kondisi rusak berat, sedang dan rusak ringan.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, menurutnya, pemerintahan yang dulu seharusnya melakukan pemberdayaan di bidang kemiskinan.

“Namun keadaannya terbalik. Makanya pada pemerintah desa yang baru ini, kita melakukan terobosan untuk membuat jalan baru agar akses masyarakat menuju tempat publik dapat laik dilintasi atau digunakan dengan harapan dapat meningkatkan faktor pendidikan, kesehatan dan ekonomi warga sekitar,” kata Iyan kepada Radar Sukabumi, Jumat (5/6).

Pihaknya telah bekerjasama dengan warga sekitar untuk membuat terobosan jalan baru mulai dari Kampung Gunung Batu sampai Kedusunan Kubang sepanjang satu kilometer dengan lebar sekitar 2,5 meter.

“Ini dibangun dengan swadaya masyarakat. Saat ini baru prosesnya baru sampai tahap pengerasan,” bebernya.

Karena jalan ini sangat dibutakan warga, ujar Iyan, maka pemerintah Desa Sindangresmi telah menggunakan anggaran dana desa sebesar 40 persen dari program Padat Karya Tunai (PKT) untuk pembangunan jalan baru itu, sepanjang 1.700 meter kali 2,5 meter.

“Pemerintah Kecamatan Jampangtengah, sudah mengusulkan kepada Dinas Perumahan Pemukiman dan Kebersihan (Perkimsih) Kabupaten Sukabumi.

Insya Allah, rencananya pada tahun depan jalan baru ini akan dibangun menggunakan rambat beton,” paparnya.

Bila jalan ini sudah selesai dibangun, maka yang memanfaatkan jalan tersebut bukan hanya warga dari Desa Sindangresmi saja.

Namun, warga dari desa lainnya. Seperti Desa Tanjungsari dan Desa Panumbangan, Kecamatan Jampangtengah, juga akan memanfaatkan jalan tersebut.

“Bila jalan ini selesai dibuka, nantinya akan dimanfaatkan oleh ribuan Kepala Keluarga (KK) yang ada di dua kedusunan itu.

Bahkan, jalan ini bisa jadi akses alternatif bagi warga dari desa lainnya untuk meneju wilayah Kecamatan Jampangtengah,” pungkasnya. (den/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *