Jalan Berlubang Parakanlima Cikembar Ancur

Pengendara sepeda motor tampak hati-hati saat melintasi Jalan Raya Penggeleseran - Leuwiliang, tepatnya di Kampung Cisalak, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar.

RADARSUKABUMI.com — Warga Kecamatan Cikembar dan Kecamatan Jampangtengah, mengeluhkan kondisi jalan rusak, tepatnya di Kampung Cisalak, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar yang hancur.

Kerusakan ruas Jalan Raya Penggeleseran – Leuwiliang ini, sudah belasan tahun belum pernah diperbaiki pemerintah.

Bacaan Lainnya

Padahal, akses jalan milik pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi itu, merupakan akses utama warga menuju tempat publik. Seperti pabrik, sekokah, Puskesmas, pasar dan lainnya.

Kepala Kedusunan (Kadus) Leuwiliang, Desa Parakanlima, Dedi Oboy mengatakan, akibat jalan rusak ini, tidak sedikit pengendara roda dua maupun roda empat yang terjungkal saat melintasi jalan berlubang.

“Jalan yang rusak ini, ada sekitar 2,8 kilometer. Hampir setiap hari, kendaraan sepeda motor banyak yang tergelincir hingga jatuh karena badan jalan licin dipenuhi lumpur,” jelas Dedi kepada Radar Sukabumi, Kamis (4/6).

Saat musim hujan, sambung Dedi, badan jalan berubah seperti kubangan kerbau. Karena, selain berbatu dan berlubang, badan jalan pun dipenuhi lumpur dan air.

“Seluruh kendaraan yang hendak melintasi ruas jalan ini, harus ekstra hati-hati. Apalagi, kalau malam hari selain jalannya rusak parah, juga tidak ada penerangan jalan umum (PJU),” paparnya.

Untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, warga sekitar berinisiatif memperbaiki ruas jalan yang rusak itu, dengan peralatan seadanya. “Warga disini telah menutupi jalan berlubang menggunakan batu dan sirtu dengan swadaya,” ujarnya.

Sementara itu, tokoh pemuda warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampangtengah, Ojat (35) mengatakan, saat ini kondisi badan jalan selain aspalnya banyak terkelupas, juga banyak kerikil berserakan di badan jalan.

“Jika tidak hati-hati, banyak pengendara yang terpeleset sampai terjatuh,” katanya.

Selain membahayakan pengendara, kerusakan jalan tersebut juga berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Untuk itu, ia bersama warga lainnya berharap kepada pemerintah agar segera memperbaiki ruas jalan yang rusak tersebut. “Bila tidak segera diperbaiki, tentu akan mengancam keselamatan pengendara lalu lintas,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan