IKM Logam di Sukabumi Menjerit, Harga Besi Melambung

  • Whatsapp
Indusri Logam Sukaumi
MENGELUH: pelaku usaha IKM logam yang berlokasi di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI – Harga besi dan baja di Kabupaten Sukabumi mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kondisi itu, dikeluhkan para pelaku usaha industri kecil menengah di bidang logam.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, Sejumlah toko besi dan baja ritel mengakui terjadi kenaikan harga jual ke hampir semua produk sejak Januari 2021.

Bacaan Lainnya

Dari hasil pengamatan Kontan ke beberapa toko, terjadi kenaikan harga besi dan baja mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per-batang.

Kenaikan harga di tingkat konsumen dipicu karena sejumlah hal. Pertama, harga bahan baku yang meningkat. Jika dibandingkan dengan akhir Januari 2021 kenaikan harga bahan baku saat ini sudah naik sekitar 10%.

Kemudian, pasokan besi dan baja yang terbatas seiring dengan permintaan yang meningkat. Permintaan besi dan baja meningkat karena adanya proyek-proyek yang sudah mulai berjalan.

Informasi ini senada dengan penjelasan dari sejumlah produsen besi dan baja yakni PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) dan PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk (ISSP).

Muhtar, salah satu pelaku IKM logam di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat mengaku, harga besi di toko naik mulai dari 50 hingga 100 persen. Kondisi itu tentunya berdampak pada pesanan dari para konsumen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *