Himapikani Usung Isu Strategis Ekonomi Biru

  • Whatsapp
Himapikani-Wilayah-II
Penyerahan benih ikan dari Himapikani sebagai salah satu isu strategis Ekonomi Biru di Resort Situ Gunung.

SUKABUMI – Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI) Wilayah II mengadakan rapat kerja wilayah (rakerwil) dengan mengusung tema “Optimalisasi Konsep Ekonomi Biru; Sub-Sektor Perikanan Budidaya Menuju Ekonomi 5.0” yang diselenggarakan mulai tangal 22 hingga 26 September 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di LKP Himpunan Mahasiswa Perikanan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (HIMAPI UMMI).

Bacaan Lainnya

Konsep Ekonomi Biru atau Blue Economy memiliki basis argumen yang kuat mengingat perikanan sebagai kegiatan ekonomi memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan negara dan kesejahteraan masyarakat.

Konsep ini juga berperinsip kepada optimalisasi sumber daya perairan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui kegiatan inovatif dan kreatif dengan tetap menjamin keberlanjutan usaha dan ramah lingkungan

Selain rakerwil, Himapikani juga melakukan beberapa agenda penting pengembangan perekonomian nasional berbasis perikanan, antara lain webinar nasional yang diadakan di Universitas Muhamadiyah Sukabumi pada Rabu (22/9/).

Dalam seminar virtual tersebut, dibahas tentang perikanan berkelanjutan sebagaimana yang dipaparkan narasumber, bahwa pada ekonomi 4.0 lebih mengedepankan kompleksivitas perangkat teknologi.

Tetapi, pada perekonomian 5.0 pembangunan teknologi ini untuk kesejahteraan masyarakat yang mengedepankan peran dan kontribusi positif dari sumber daya manusianya.

Sementara prosesi pelantikan Badan Pengurus Harian Himapikani Wilayah II 2021-2023 dan merancang Program Kerja Himapikani Wilayah II Periode 2021-2023 dilaksanakan melalui Rapat Kerja Himapikani Wilayah II di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi pada tanggal 24-25 September 2021.

Dalam raker tersebut, semua peserta sepakat untuk memberikan aksi nyata dalam pembangunan di bidang perikanan sebagai formulasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Raker diikuti oleh LKP di Wilayah II sebanyak 11 LKP yaitu, LKP Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Ahli Usaha Perikanan (AUP), Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran serta Universitas Satya Negara Indonesia (USNI). Agenda yang tak kalah penting dalam Raker adalah pembahasan Program Kerja 2 tahun ke depan untuk HIMAPIKANI Wilayah II

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *