Harga Cabai Rawit di Pasar Palabuhanratu Sukabumi Makin ‘Seuhah’, Begini Alasannya

Cabai Merah Keriting
Cabai Merah Keriting di Pasar Palabuhanratu yang naik.

PALABUHANRATU, RADARSUKABUMI.com – Tiga pekan jelang perayaan Idul Adha 2022, harga sembako jenis cabai merah di Pasar Semi Modern (PSM) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi terus naik.

Berdasarkan data dari pencatat harga di Pasar Semi Modern Palabuhanratu, harga Cabai merah kriting dan besar naik dari Rp 70ribu per Kg pada minggu lalu kini naik jadi Rp 80ribu per Kg, cabai rawit merah juga naik dari Rp 75ribu per Kg menjadi Rp 80ribu per Kg.

Bacaan Lainnya

Maulana pencatat harga sembako di PSM Palabuhanratu mengatakan kenaikan harga sembako jenis cabai berdasarkan hasil wawancara dengan sejumlah pedagang akibat gagal panen.
“Iya katanya gagal panen dari petaninya, jadi para petani cabai seharusnya panen malah tidak hasil karena pohon cabai banyak yang mati, pengaruh cuaca,” ujar Maulana. Rabu, 15 Juni 2022.

Dijelaskan Maulana, cabai yang dijual para pedagang di PSM Palabuhabratu menurutnya sebagian besar merupakan kiriman dari luar Sukabumi atau wilayah provinsi Jawa tengah dan timur.
“Tapi tergantung ada yang kiriman dari Sukabumi dan juga dari Jawa untuk cabai ini,” jelasnya.

“Hasil pantauan setiap hari dilapangan sejauh ini tidak ada hal soal kenaikan harga ini berbeda semua sama, kita akan pantau terus menghindari kenaikan tidak wajar,” terangnya.

Sementara itu, Ahmad Suhaemi (36 tahun) salah seorang penjual sembako mengaku banyak yang mengeluh dari pembeli dengan kenaikan harga sembako jenis cabai tersebut.
“Banyak yang komplain harga Cabai naik terus katanya, padahal kan kita sudah sesuai dari sananya naik,” timpalnya.

Masih kata Ahmad Suhaemi, hanya bisa menyediakan cabai rawit merah sesuai kebutuha untuk memenuhi pelanggannya, dimana biasanya dalam satu hari dua karung saat ini hanya satu karung merupakan kiriman dari lokal seperti wilayah Jampang.
“Alhamdulillah untuk penjualan lancar, karena meski mahal ya mau gak mau karena kebutuhan, seperti penjual baso atau warung makan mereka membeli meski harganya mahal,” terangnya.

Adapun untuk harga sembako jenis lainnya di PSM Palabuhanratu masih normal, seperti beras premium masih Rp 10ribu per Kg, Gula pasir Rp 14ribu per Kg, minyak goreng kemasan Rp 24ribu per Liter, minyak goreng curah Rp 16ribu per Kg.

Daging Sapi dan Kerbau Rp 130ribu per Kg, ayam potong Rp 40ribu per Kg, telur ayam Rp 29ribu per Kg, Bawang merah Rp 40ribu per Kg, bawang putih Rp 29ribu per Kg. (Cr2/radar sukabumi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan