DPPKB Kabupaten Sukabumi Dorong Sukseskan Lomba P2WKSS Tingkat Jabar 2024 di Desa Cicareuh

DPPKB Kabupaten Sukabumi
Kepala DPPKB Kabupaten Sukabumi, Uus Firdaus saat memberikan bantuan untuk pembangunan bale sawala di aula Desa Cicareuh

SUKABUMI – Dalam mensukseskan program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tingkat Jabar tahun 2024, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sukabumi, terus melakukan berbagai ragam kegiatan di lokus P2WKSS, tepatnya di wilayah Desa Cicareuh, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

Kepala DPPKB Kabupaten Sukabumi, Uus Firdaus kepada Radar Sukabumi mengatakan, program P2WKSS ini, dinilai sangat beririsan dengan tufoksi di DPPKB Kabupaten Sukabumi, karena perempuan merupakan salah satu peran utama di program KB.

Bacaan Lainnya

“Iya, karena hampir semua alat kontrasepsi itu yang menggunakannya adalah perempuan. Sehingga sangat berkaitan dengan pemberdayaan perempuan,” kata Uus kepada Radar Sukabumi pada Rabu (10/07).

Untuk mensukseskan program P2WKS tahun 2024 di wilayah Desa Cicareuh, Kecamatan Cikidang ini, ia selaku pimpinan di DPPKB Kabupaten Sukabumi, telah membantu dalam memfasilitasi pembangunan bale sawala, menyelenggarakan TOT atau Training Of Trainer untuk kader sebanyak 25 orang untuk BKB holistik terintegratif.

“Jadi disitu kita menguatkan atau meningkatkan kafasitas para kader, agar lebih profesional dalam membina ibu-ibu yang memiliki balita. Supaya balita itu dapat tumbuh dan berkembang sesuai usia,” paparnya.

Bukan hanya itu, untuk kelancaran acara pelaksanaan program BKB, DPPKB Kabupaten Sukabumi, juga telah membantu satu unit BKB Kit untuk membantu kader dalam melakukan pembinaan BKB, atau alat bantu bagi penyuluhan kegiatan di BKB.

Kepala DPPKB Kabupaten Sukabumi, Uus Firdaus
Kepala DPPKB Kabupaten Sukabumi, Uus Firdaus

Selain itu, DPPKB Kabupaten Sukabumi juga rutin melakukan pembinaan kelompok ke lokus P2WKSS, selama proses kegiatan berlangsung. “Kami mengharapkan tidak hanya sebatas P2WKSS selesai, tapi justru lebih dari itu. Jadi, kita menginginkan bahwa kesejahteraan masyarakat itu Outcome dari semua kegitan yang kami laksanakan agar terwujudnya kualitas keluarga,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan, bahwa keluarga berkualitas itu, mereka sehat dan mandiri secara ekonomi. Selain itu, yang lebih difokuskan bagi DPPKB Kabupaten Sukabumi, berkaitan dengan penekanan stunting atau mewujudkan new zero stunting. “Iya, yang menjadi skala prioritas itu menekan datangnya maupun lahirnya stunting baru. Kenapa kita pokuskan ke pencegahan stunting, karena akan berdampak pada kualitas generasi yang akan datang. Mudah-mudahan dengan kegiatan P2WKSS ini, dapat mewujudkan keluarga berkualitas,” pungkasnya. (Den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *