Cerita Puteri Bahari 2022 Provinsi Jabar dari Sukabumi, Silviana Yunita

Silviana yunita
Silvana Yunita dinobatkan menjadi juara satu Putri Bahari 2022 Provinsi Jabar dari Sukabumi

Pakai Biaya Sendiri, Siap Melenggang ke Nasional

Silvia Yunita menorehkan prestasi membanggakan untuk Kabupaten Sukabumi. Mojang asli Palabuhanratu menjadi juara dalam Pemilihan Puteri Bahari Jawa Barat Tahun 2022.

NANDI, Palabuhanratu

Bacaan Lainnya

NAMA Kabupaten Sukabumi diharumkan oleh anak dari seorang nelayan. Melalui gelar Puteri Bahari, Silviana sukses menjadi yang terbaik pada grand final yang diselenggarakan pada 19 Juli 2021 lalu. Sebelumnya, dilakukan berbagai tahapan seleksi. Mulai dari tingkat Kabupaten hingga masuk ke-10 besar dan menjadi juara.

“Seleksi putra putri Bahari melalui online, kebetulan Kabupaten Sukabumi ada dua perwakilan. Kita melalui daftar online lalu sesudah itu kita seleksi tahap Kabupaten dan Alhamdulillah dua-duanya lolos dari Kabupaten Sukabumi.

Daftar itu Februari, seleksinya itu April, sesudah lebaran kemarin,” kata Silvana.

Silvana menceritakan, sebelum menjadi juara, ia menjalani seleksi terlebih dahulu hingga dinyatakan lolos. Kemudian ia dan rekannya masuk final dan sejak tanggal 17, 18, dan 19 Juli tahun lalu. Sempat menajalankan karantina di Bandung dengan peserta dari wilayah kabupaten lain yang mencapai 30 lebih orang lebih.

“Kemudian setelah itu diseleksi kembali menjadi jadi 10 besar berpasangan putra dan putri, sekarang winnernya sama kang Rizki dari Cimahi,” jelasnya.

Silvana mengulas, ia sempat kebingungan saat masuk 10 besar di tingkat provinsi. Sebab harus menyediakan biaya tambahan, salah satunya biaya pendaftaran.

“Iya pas sudah dinyatakan lolos seleksi tingkat Kabupaten, akhirnya di tingkat Jawa Barat, ternyata kan ada biaya-biaya lagi, sekitar Rp3,5 jutaan untuk biaya pendaftaran ke Bandung itu,” terangnya.

“Kita kan kayak dikasih proposal oleh pihak terkait lomba itu, untuk diajukan ke dinas-dinas atau intansi terkait seperti Dinas Kelautan, Dinas Pariwisata sama Dinas Budpora yang ada di Kabupaten Sukabumi,” imbuhnya.

Pada bagian ini, Silviana menemui sedikit tantangan. Ternyata proposal yang diajukan ke sejumlah dinas terkait tak kunjung ditanggapi.

Tak patah aral, Silviana tetap melanjutkan perjuangannya dengan merogoh kocek sendiri.

“Kan sudah masuk itu pengajuan, ditanyakan ini bagaimana. Lalu dari dinasnya bilang ‘ya nantinanti’, sampai akhirnya saya mengeluarkan biaya saya pribadi,” beber Silviana.

“Nah setelah kemarin dinyatakan menang juara satu, Allhamdulillah dinas mengundang. Ada Dinas Pariwisata menyatakan bahwa untuk tingkat Nasional nanti mereka akan mensuport dan mendukung apapun itu, baik segi materi ataupun lainnya.

Alhamdulillah juga kemarin pun ada untuk mengganti ongkos, karena sebelumnya ada miskomunikasi antara stafnya dan pak kadisnya,” kata Silvana.

“Sangat sangat senang pokoknya Alhamdulillah bersyukur sekali bisa membuktikan di tingkat Jabar kita di Kabupaten Sukabumi menjadi juara,” tambahnya memungkas.

Sementara itu, kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi mengaku senang dan bangga atas apa yang telah diraih Silvana menjadi juara satu pada ajang perhelatan pemilihan putri Bahari 2022 tingkat provinsi Jawa barat.

Kedepan, kata Sigit, Dinas Pariwisata akan mendukung perjuangan Silvana yang akan ikut kembali di pemilihan Puteri Bahari 2022 tingkat Nasional.

“Semoga bisa ikut di ajang nasional dan lolos, kita akan mendukung sesuai tugas dan fungsi Dinas Pariwisata, karena sesuai harapan mereka dukungan dispar, semoga semua dilancarkan dan mereka juara tingkat Nasional,” tandasnya. (Cr2/t)Silviana-yunita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan