Warga Ciparay Sukabumi Evakuasi Akar Bambu “Raksasa” Akibat Longsor

  • Whatsapp
Warga Kampung Ciparay, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi singkirkan akar bambu yang roboh lantaran longsor. (foto: Detikcom)

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Longsor yang terjadi di Kampung Ciparay, Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi akibatkan robohnya sejumlah pohon bambu berukuran besar.

Salah seorang warga sekitar, Irfam Perdana mengungkapkan, robohnya pohon bambu raksasa itu dikarenakan longsor yang terjadi pada tebing kebun bambu. Khawatir menimbulkan korban, warga sekitar akhirnya inisiatif melakukan kegiatan kerja bakti.

Bacaan Lainnya

“Ada batang pohon bambu yang terus berjatuhan dibarengi material tanah, awalnya hanya di bahu jalan tapi karena terseret hujan makin lama makin ke tengah menyempitkan badan jalan. Ditambah ada akar bambu juga yang jatuh,” kata Irfan Perdana, seperti dilansir dari detikcom, Jumat (3/12/2019).

Irfan mengatakan, proses sedikit mengalami hambatan lantaran ada akar bambu berukuran sebesar dua kerbau dewasa yang terbungkus tanah ikut jatuh. “Karena ukurannya memang besar ada sekitar 20 warga yang bantu dorong akar bambu itu agar tidak menutup jalan,” kata Irfan.

Sementara itu Ahmad, ketua Karang Taruna desa setempat, mengaku pihaknya sengaja inisiatif sendiri menyingkirkan material longsoran di ruas jalan. “Warga biasa tiap hari Jumat kerja bakti, kondisi ini sudah lama sebenarnya sejak pertama musim hujan. Tapi karena makin lama makin membahayakan dan menutup jalan akhirnya inisiatif hari ini kami bersihkan,” kata Ahmad.

Hari ini, menurut Ahmad, ada puluhan warga dari satu RW yang turun tangan. Pihaknya sudah melaporkan soal kejadian longsor itu ke pihak desa namun belum ada tanggapan.

“Mungkin karena baru pemilihan, masih sibuk akhirnya warga inisiatif kerja bakti. Dari kemarin juga bisa dilewati mobil, hanya sempit dan berbahaya. Jadi kita hari ini mau buka akses jalan supaya normal lagi,” ucap Ahmad.

(int/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *