KABUPATEN SUKABUMI

Baznas Kabupaten Sukabumi Glontorkan Rp610 Juta Untuk Beasiswa

CISAAT — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi, menyebutkan selama 2019 sudah menggelontorkan anggaran untuk membantu pelajar dan mahasiswa berprestasi sebesar Rp610.000.000. Bantuan diberikan kepada 60 mahasiswa, 150 pelajar SD dan 100 pelajar SMP.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kabupaten Sukabumi, Endin Badrudin mengatakan, bantuan tersebut merupakan implementasi Program Sukabumi Cerdas yang sudah diluncurkan sejak lima tahun silam.

“Ya, ini merupakan Program Sukabumi Cerdas dimana bertujuan untuk satu keluarga miskin, satu serjana. Perorangnya mendapatkan Rp6.000.000 sedangkan untuk pelajar SD dan SMP hanya Rp1.000.000 pertahunya. Kalau ditotalkan untuk tahun ini sebesar Rp610.000.000,” kata Endin saat disambangi Radar Sukabumi di ruang kerjanya, Senin (13/1).

Lebih lanjut Endin mengatakan, kuota bantuan program tersebut untuk mahasiswa hanya 60 orang, 100 orang SD dan SMP. Pada 2020 ini ada sekitar 15 kuota yang belum terisi.

“Saat ini sudah ada sekitar tujuh orang yang mengajukan bantuan kepada Baznas. Nanti kita seleksi dulu, kalau memenuhi persyaratan baru akan kita bantu,” ujarnya.

Menurutnya, program itu diberikan kepada keluarga yang masuk dalam kategori miskin, penghafal Alquran Juz ke-30, tidak merokok, lulus tes wawancara soal keagamaan dan sudah terdaftar disalah satu perguruan tinggi.

“Ini persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa dari Baznas. Sehingga beasiswa ini bisa tepat sasaran sesuai dengan tujuan dari program,” paparnya.

Dengan adanya program tersebut, sambung Kamal, ia berharap dapat meningkatkan kulitas kaum duafa dengan cara mendongkrak dalam sisi aspek kehidupannya sehingga bisa memutus rantai kemiskinan kedepannya.

“Mudah-mudahan dengan lahirnya sarjana di keluarga miskin ini bisa linier dengan meningkatnya perekonomian mereka, sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat,” pungkasnya. (bam/d)

Tags
loading...

One Comment

  1. assalamualaikum, selamat sore. mau nanya min, saya Ahmad Hasbi Muzaqi Mahasiswa UIN SGD Bandung. Bagaimana cara daftar untuk mendapatkan beasiswa tersebut?
    terima kasih
    wassalamualaikum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button