Banyak Orangtua di Sukabumi Tak Izinkan Anaknya Divaksinasi

Kecamatan Ciakak
Kegiatan vaksinasi anak di wilayah Kecamatan Ciakak Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI – Kepala Puskesmas Cikakak Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi Gunarhyari Alijudin mengatakan, capaian vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun di wilayah Kecamatan Cikakak baru mencapai 28,29 persen. Artinya dari 4.751 sasaran, baru 1.344 anak yang sudah divaksinnasi.

Ia menjelaskan kendala yang mengambat capaian vaksinasi anak saat ini, yakni masih minimnya pemahaman dari orangtua murid yang tidak mengizinkan anaknya untuk divaksinasi.

Bacaan Lainnya

Padahal menurutnya sosialisasi terus dilakukan baik secara langsung maupun melalui sekolah.

“Kendalanya masih banyak orang tuamurid yang belum mengerti dan paham pentingnya vaksinasi untuk anak, sehingga juga tidak tidak bisa memaksa.

Padahal satu hari sebelum dilaksanakan vaksinasi juga kami lakukan sosialisasi dengan difasilitasi oleh sekolah,” kata Gunarhyari kepada Radar Sukabumi.

Dia menegaskan, walaupun orangtuanya sudah divaksinasi, tetapi belum tentu juga mengizinkan anaknya untuk divaksinasi. G

unarhyari menilai hal itu kembali lagi kepada peran orangtuanya dan kemungkinan para orang tua sudah termakan oleh isu hoaks soal vaksinasi.

“Maka dari itu, kami terus gencar promosi dan sosialisasi ke setiap sekolah dengan mengikut sertakan orang tua untuk meningkatkan kesadaran dari orang tua.

Padahal anak-anaknya belum tentu juga tidak mau divaksin, banyak orang tua yang tidak mengizinkan anaknya divaksin,” ungkapnya.

Gunarhyari menegaskan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya agar capaian vaksinasi dapat dipenuhi. Inovasi-inovasi baru pun sudah dilakukan untuk menggenjot capaian vaksinasi 100 persen.

“Kami terus melakukan pendekatan kepada orang tua dan memberikan pemahaman kepada mereka. Kami imbau agar jangan takut anaknya untuk divaksin dan lain sebagainya,” tandas Gunarhyari. (ris/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.