Banyak Masyarakat Sukabumi Yang Mudik, Camat Cisolok Gencar Lakukan Ini

Camat Cisolok Jenal Abidinsaat memberikan sosialisasi dan imbauan mudik. FOTO : NANDI/ RADARSUKABUMI

SUKABUMI – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, tradisi mudik menjadi pemandangan umum di sebagian besar daerah di Indonesia, termasuk di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Dengan banyaknya masyarakat di Cisolok yang melaksanakan mudik, Camat Jenal Abidin bersama tim gabungan dari jajaran TNI Polri serta unsur terkait lainnya gencar melakukan imbauan ke desa-desa untuk mengingatkan warga tetap waspada dan memperhatikan rumahnya saat ditinggal.

“Kami terus melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat, khususnya di desa-desa, agar tetap waspada dan tidak lengah saat rumah warga yang mudik ditinggal kosong,,” ujar Camat Cisolok Jenal Abidin, Senin (8/4).

“Banyak warga di wilayah Kecamatan Cisolok yang mudik seperti ke arah Ciamis, Tasikmalaya, Kuningan, Cirebon, Jawa Tengah, Jawa Timur ke Madura, Jogjakarta serta Sumatera juga ada,” imbuhnya.

Sehingga, menurut Jenal menjaga keamanan di lingkungan masyarakat menjadi sangat penting. Hal itu dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diharapkan, salah satunya bencana kebakaran, pencurian dan lainnya.

“Para pemimpin dan tokoh masyarakat setempat juga turut berperan aktif dalam mendukung imbauan yang dilakukan oleh pemerintah,” jelasnya.

Adapun imbauan yang disosialisasikan, kata Jenal Abidin lagi, masyarakat yang hendak mudik dan mengosongkan rumahnya untuk melakukan pengecekan dengan seksama terlebih dahulu, salah satunya memastikan peralatan rumah tangga seperti kompor dalam keadaan mati alias tidak menyala.

Tidak hanya itu, lanjut Jenal kran air, pintu pintu rumah, pintu gerbang depan rumah terkunci dengan rapih dan bila diperlukan menitipkan kepada tetangga lengkap dengan nomor telpon yang bisa di hubungi.

“Yang paling utama tentunya tidak meninggalkan barang berharga didalam rumah saat kosong, memastikan listrik area luar rumah dalam keadaan menyala, jika memiliki hewan peliharaan sebaiknya dititipkan ke tetangga,” paparnya.

Dengan upaya bersama ini, diharapkan masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan aman dan tenteram selama perjalanan mudik maupun saat berada di kampung halaman.

“Semoga kebersamaan dan kesadaran akan pentingnya kewaspadaan, keselamatan dan kesehatan juga terus terjaga,” tandasnya. (ndi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *