Jelang Hari Idul Fitri, Terminal Type B Palabuhanratu Sukabumi “Dikeroyok” Pemudik

Suasana terminal type B Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. FOTO : NANDI/ RADARSUKABUMI

SUKABUMI – Suasana di Terminal Type B Palabuhanratu Sukabumi yang berlokasi di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, tampak ramai pada dua hari jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Peningkatan keramaian oleh para pemudik di Terminal type B Palabuhanratu ini sudah terjadi sejak dua hingga tiga hari kebelakang. Hingga saat ini terus mengalami peningkatan.

Kepala Terminal Type B Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Dayan mengatakan, H-2 menjelang lebaran terjadi lonjakan penumpang sekitar 5 sampai 10 persen dari hari biasanya. Dengan rata-rata penumpang merupakan pendatang yang mudik dari luar kota sebagian tujuan Palabuhanratu dan Bayah Banten.

“Alhamdulillah semuanya sejauh ini masih bisa terlayani mengingat kesiapan armada utama berikut armada cadangan sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari,” ujar Dayan, Senin (8/4).

Bahkan, kata Dayan lagi, sebagai upaya persiapan dan kesiapan kendaraan menyambut penumpang pemudik bersama tim gabungan dari jajaran Satlantas Polres Sukabumi dan juga unsur terkait lainnya juga melakukan pengecekan kendaraan.

“Sudah dilakukan cek kendaraan dan test urine kepada awak kendaraan bekerjasama dengan Polres Sukabumi, Dishub dan BNN Sukabumi,” jelas Dayan.

“Selain itu juga personel Terminal Palabuhanratu mendapat tugas tambahan yaitu melalukan PAM lalin di Exit Tol Cigombong dan TMC Gadog dengan berkolaborasi bersama kepolisian dan Dishub Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Lanjut Dayan, sejauh ini pihaknya telah berupaya dalam melaksanakan fungsi pengawasan Terminal Type B Palabuhanrayu tetap diutamakan karena menyangkut pelayanan kepada masyarakat yang akan mudik dari Palabuhanratu atau balik ke Palabuhanratu.

“Tapi kalau dilihat sekarang ini masyarakat lebih dominan menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum dengan alasan lebih cepat dan praktis,” terang Dayan.

“Ya, walaupun sebenarnya sudah disosialisasikan, khususnya kepada pemudik kendaraan roda dua sebaiknya menggunakan kendaraan umum mengingat keutamaan keselamatan dan mengantisipasi musim hujan,” sambungnya.

Di Terminal Type B Palabuhanratu Dayan menegaskan, telah menyiapkan puluhan armada angkutan bis dengan pelayanan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) masing masing jurusan Palabuhanratu-Sukabumi dan Palabuhanratu Bogor sebanyak 46 unit armada ditambah 3 unit sebagai armada cadangan masing masing jurusan.

“Untuk armada non ekonomi ada tuslah sebesar 18 persen dari tarif normal. Sementara layanan AKAP Palabuhanratu – Cikotok – Bayah – Binuangen telah disiapkan 18 unit tanpa tuslah dengan menyiapkan 5 unit armada cadangan,” tandasnya. (ndi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *