Bantu Korban Banjir Purabaya, Puluhan Anggota Polres Sukabumi Diterjunkan

banjir Purabaya Sukabumi
MEMBERSIHKAN : Personel Kepolisian Polres Sukabumi saat membantu membersihkan meterial kayu dan lumpur yang terbawa banjir Purabaya.(FOTO : ist)

SUKABUMI — Puluhan personil Samapta Polres Sukabumi, diterjunkan membantu membersihkan material lumpur dirumah rumah warga di Kampung Tengah, Desa Kecamatan Purabaya pasca banjir bandang yang terjadi Jumat, (7/10) lalu.

Peristiwa sebelum banjir bandang melanda, berawal saat terjadi hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Purabaya sejak Jumat sore hingga malam hari, sehingga mengakibatkan sungai Cibening meluap dan merendam ratusan rumah di Kampung Tengah Desa Purabaya.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, khususnya masyarakat yang terkena dampak, dengan dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Sukabumi AKP Roni Heriyanto langsung melaksanakan kegiatan evakuasi material dan lumpur yang masuk ke dalam rumah warga.

Dimana berdasarkan informasi, lumpur lumpur serta material lain seperti sampah dan lainnya masuk kedalam rumah rumah warga akibat terbawa luapan air sungai Cibening tepatnya di Kampung Tengah, Desa Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi.

“Sejak pagi kemarin, puluhan personel anggota saya membantu warga mengevakuasi material dan pembersihan lumpur yang masuk ke rumah rumah pasca banjir kemarin,” ungkap AKP Roni. Minggu, (9/10).

Dijelaskan Roni, keberadaan puluhan personel Samapta Polres Sukabumi Kampung Tengah, Desa Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi akan terus dipertahankan hingga situasi terkendali ataupun kondisi lingkungan warga bersih dari lumpur dan sampah yang sebelumnya terbawa saat banjir bandang.

“Apalagi saat ini, masih banyak warga yang perlu di bantuan, terutama pembersihan material lumpur dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah melalui Kasi Humasnya Ipda Aah Saepul Rohman menambahkan sejak jauh jaih hari sebagai persiapan mengahadapi bencana Polres Sukabumi sudah menyiapkan personel dan peralatan untuk menangani potensi bencana alam.

Karena, kata Aah sehubungan dengan perubahan cuaca saat ini di wilayah hukum Polres Sukabumi cukup ekstrim dan memang rawan terjadi bencana alam.

“Kita terus memonitor update cuaca dari BMKG, dimana perkiraan intensitas curah hujan di Sukabumi diperkirakan tinggi, sehingga Bapak Kapolres Sukabumi telah memerintahkan seluruh jajaran untuk waspada,” timpal Aah.

Kesiapan Siagaan Polres Sukabumi dan jajaran dalam menghadapi bencana alam, kata Aah karena wilayah hukum Polres Sukabumi mempunyai potensi kerawanan terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung dan lain sebagainya.

Sehingga, lanjut Aah tidak heran dalam setiap kesempatan Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah selalu menyampaikan kepada para personelnya baik di mako polres ataupun polsek jajaran untuk tetap waspada dan berhati hati.

“Bapak Kapolres Sukabumi sering mengatakan, kesiap siagaan itu bukan mengharapkan datangnya bencana melainkan manakala terjadi bencana kita sudah siap untuk membantu masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, anggota Pos Polisi Pabuaran Polsek Lengkong, Polres Sukabumi bersama anggota Koramil Lengkong kodim 0622 Kabupaten Sukabumi bersama sama masyarakat Kampung Cibadak, Desa Cibadak Kecamatan Pabuaran melaksanakan kerja bakti membersihkan material lumpur dan sampah yang terbawa air bah yang juga akibat banjir yang terjadi Jumat (7/10) lalu.

Pos terkait