Banjir Geyser Cisolok Sukabumi, Barang Dagangan Pedagang Hanyut

Banjir-Cisolok-Sukabumi
Warga sedang membersihkan material lumpul di kawasan wisata Geyser Cisolok akibat diterjang luapan Sungai Cipanas.

SUKABUMI – Aliran air Sungai Cipanas, tepatnya di kawasan wisata pemandian air panas Geyser Cisolok, Kampung Cipanas, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, meluap. Akibatnya barang dagangan warga hanyut terbawa arus.

Informasi yang dihimpun, bencana aliran air Sungai Cipanas meluap itu terjadi pada Senin (06/06/2022) sekitar pukul 17.00 WIB. Ketinggian air sekitar dua meter dan menyebabkan barang dagangan yang ada di sekitar pinggir sungai pemandian air panas terseret banjir.

Bacaan Lainnya

Satu diantara pedagang di Area Geyser Cipanas, Tomi (45) mengatakan tidak ada dampak kerusakan terhadap fasilitas warung pedagang akibat air Sungai Cipanas tersebut, hanya saja barang dagangannya hanyut.

“Air Sungai Cipanas itu meluap saat hujan deras, saat itu ada sejumlah wisatawan yang tengah mandi di aliran sungai pemandian air panas. Saya imbau supaya naik karena hujan besar, semua naik dan Alhamdulillah tidak ada korban, mereka sudah naik ke atas,” kata Tomi, Selasa (07/06/2022).

Ia menjelaskan, Air Sungai Cipanas ini merupakan kejadian yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya pernah terjadi pada tahun 2011 dan 2013 silam. Menurutnya, peristiwa terparah terjadi tahun 2011, saat itu jembatan penyebrangan menuju pemandian air panas ikut terseret banjir.

“Warung gak ada yang kebawa, cuma barang dagangan. Ini yang ketiga, pernah waktu itu 2011, 2013, sekarang terjadi lagi. Yang lebih parah tahun 2011 sampai jembatan itu tergusur. Dari atasnya banyak sungai-sungai yang kecil, jadi gabungan gitu, jadi besar,” papar Tomi.

Pedagang lainnya, Onah (50) menambahkan, sejumlah barang-barang dagangnya yang ada di warung hanyut terbawa derasnya air Sungai Cipanas berupa mie, galon hingga termos hilang.

“Iya termos, galon,panci, pop mie habis kebawa banjir air Sungai Cipanas. Tinggal ini meja yang tersisa,” singkatnya. (cr2/radar sukabumi).

Banjir-Cisolok-Sukabumi
Warga sedang membersihkan material lumpul di kawasan wisata Geyser Cisolok akibat diterjang luapan Sungai Cipanas.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan