Baldatun : Sedekah Adalah Solusi Musnahkan Covid-19

  • Whatsapp
Ade
BERDOA: Ade Dasep Zaenal Abidin pada saat berdoa dengan sejumlah relawan untuk keberkahan dan keselamatan Indonesia. (FOTO : DOK 2019)

SUKABUMI — “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah” (Hadits ini dikeluarkan oleh Imam ad-Dailami dalam “Musnadul Firdaus”). Meski hadist ini sangat lemah, tentunya ada benarnya, pasalnya dengan bersedekah bisa saja kita terhindar dari penyakit. Hal tersebut dikatakan oleh Pendiri sekaligus penanggungjawab Baldatun Center Ade Dasep Zaenal Abidin.

Menurutnya, ketika kita sakit tentunya manusia dianjurkan melakukan Ikhtiar dan berdoa. Ikhtiar dapat dilakukan dengan berobat ke dokter dan meminum obat. Kemudian untuk memaksimalkan ikhtiar alangkah baiknya disertai doa. Namun, jika dibarengi ikhtiar terbaik yakni dengan sedekah akan lebih bermakna. “Sedekah itu bisa membuat hati tenang, cobalah kalau tidak percaya. Apalagi sedekahnya kepada anak-anak yatim pasti lebih bermamfaat dan baik, pasalnya dimasa pademi saat ini yang serba sulit pasti mereka (anak Yatim) merasa terbantu jika ditolong,”jelas Ade Dasep dalam pesannya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Sedekah merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang habis karena bersedekah. Justru dengan bersedekah kita dapat merasakan keajaiban-keajaiban. Selama melakukan santunan Yatim di Dapil III kepada anak yatim, dirinya mengatakan semakin dilakukan semakin terasa kabaikannya, bahkan banyak sekali hal-hal yang tidak terduga terjadi begitu saja atas izin Allah. Dengan itu dirinya merasa yakin dengan sedekah menyantuni anak yatim merupakan hal yang baik. Untuk itu, dirinya merasa tidak rugi ketika Baldatun memiliki 1.800 Anak Yatim, yang ada dirasakan keberkahan bagi lembaga Baldatun itu sendiri.

Diketahui, Bersedekah adalah satu wujud syukur kepada allah, pasalnya Setiap persendian manusia wajib disedekahi, setiap hari yang padanya matahari terbit. Dalam hadist Al-Bukhari dan Muslim disebutkan “Beliau bersabda ‘(Mengucapkan) kalimat yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang dia berjalan menuju masjid untuk sholat adalah sedekah dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah’.

“Dimasa-masa wabah covid-19 ini, solusi dari solusi adalah bersedekah, rakyat bantu rakyat. Jangan sampai ada tetangga yang tidak makan, saling menjaga dan saling menolong adalah kunci bangkitnya dari wabah ini. Baldatun sendiri, sudah mempraktikan makna sedekah dengan menyantuni Anak yatim di setiap minggu, selain itu mengapa ada wakaf Alquran yang ada terjemahanan, maknanya agar masyarakat khususnya umat muslim untuk kembali membudayakan baca, faham dan amal Alquran, karena obat dari segala masalah ada dalam Alquran tinggal bagaimana kita mengkajinya, “terangnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dengan bersedekah bisa mendapatkan Naungan di Hari Kiamat. Berdasarkan Hadist Riwayat Ahmad disebutkan bahwa “Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya. “Dengan itu, marilah kita rajin bersedekah agar memperoleh naungan di hari tidak ada naungan kecuali naungan Allah. Sedekah sebagai bentuk investasi cerdas untuk melindungi diri kita dari bahaya”terangnya.

Pada Akhirnya, dirinya berpendapat bersedekah bisa memusnahkan Wabah covid-19 segera hilang, mengapa demikian. Karena ketika masyarakat sudah berikhtiar dengan melakukan Vaksin dan doa, dan diakhiri dengan sedekah antar sesama yang membutuhkan bisa membuat perasaan tenang. Karena menurut banyak sumber yang menyebabkan terpuruk kondisi penderita covid-19 adalah rasa ketenangan fikiran yang hilang. Ketakutan dan kegelisahan bisa terjawab dengan sedekah, jika fikiran tenang dan bersih insya allah imun tubuh bisa kembali naik.

“Kita harus yakin, penyakit datang dari Allah dan pasti dengan obatnya, tenangkan fikiran jangan terlalu khawatir dengan keadaan, berbuat baik dengan bersedekah dan tetap patuhi protokol kesehatan, insya allah kita bisa melewati semuanya dan akan baik-baik saja, karena allah maha tau yang terbaik untuk umatnya, itu yang harus diyakini agar bisa terbebas dari wabah ini, “tukasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *