Apindo Kabupaten Sukabumi Keberatan Adanya Aturan Cuti Melahirkan 6 Bulan, Begini Alasannya

Ketua DPK APINDO Kabupaten Sukabumi, Sudarno
DIWAWANCARAI : Ketua DPK APINDO Kabupaten Sukabumi, Sudarno saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

“Jadi dalam undang-undang itu sudah di jelaskan, bahwa seorang pekerja wanita apabila mengandung diberikan cuti 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan lagi setelah melahirkan dengan cuti selama total 3 bulan. Sedangkan suaminya di berikan kesempatan cuti selama dua hari untuk mendampingi persalinan istrinya yang sedang melahirkan. Selebihnya, jika ingin memperpanjang tentunya dengan kebijakan dan cuti izin yang normatif,” bebernya.

Bacaan Lainnya

Pihaknya menambahkan, apabila ini ada pengaturan perubahan yang lebih lama, maka diyakini akan sangat beresiko tinggi khususnya pada sektor industri padat karya, karena memang mayoritas pekerjanya adalah para wanita.

“Ini tolong di fahami oleh semua pihak, termasuk penggagas dan inisiator dari RUU KIA ini. Jadi intinya para pengusaha keberatan dan melalui APINDO di tingkat Nasional untuk dilakukan upaya koordinasi dengan DPR RI dan pemerintah pusat guna melakukan pengkajian secara Komprehensif terhadap konsep RUU KIA dengan melibatkan sebanyak mungkin sakeholder terkait demi Keberlangsungan sektor usaha dan industri di Indonesia,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait