5 Hektar Kawasan Wisata Puncak Darma Sukabumi Ludes Terbakar, Tidak Ada Korban Jiwa

Kebakaran Puncak Darma Sukabumi

CIEMAS – Kawasan objek wisata Puncak Darma, yang berada di Kampung Cibuti, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, dilanda kebakaran, Sabtu, (30/9) kemarin.

Adapun lahan yang hangus terbakar rata rata didominasi alang alang dengan luasan kurang lebih sekitar 5 hektar milik salah satu warga, bahkan asap kebakaran sempat mengganggu pengunjung dan warga yang berada ataupun melintas di kawasan wisata puncak darma tersebut.

Bacaan Lainnya

P2BK (Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan) Ciemas Idrus Stansyah saat di konfirmasi Radarsukabumi mengatakan, awal kejadian kebakaran diketahui warga mulai sekitar pukul 10.00 WIB siang hari, kobaran api terlihat jauh dilereng tebing sekitar objek wisata puncak Darma.

Namun, kata Idrus, lama kelamaan kobaran api menjalar mendekati area objek wisata terlebih kondisi angin saat itu sangat kencang, sehingga semak belukar dan alang alang yang kering dan mudah terbakar membuat kobaran api sempat semakin membesar.

“Sempat kobaran api itu sore kemarin sekitar pukul 17.25 Wib ke lokasi wisata pandang puncak darma, sampai pukul 20.00 Wib malam itu api masih menyala,” ungkap Idrus. Minggu, (1/10).

Dijelaskan Idrus, semenjak mendapat laporan adanya peristiwa kebakaran, pihaknya langsung berkoordinasi dengan jajaran forkompimcam Ciemas, dan pemerintahan desa setempat, damkar unit Ciemas untuk bersama sama melakukan upaya penanganan.

“Upaya pemadaman dilakukan bersama sama semua unsur terkait, TNI, Polri, serta warga setempat,” jelasnya.

Lebih lanjut Idrus menegaskan hingga pukul 21.00 Wib tim gabungan dari berbagai unsur yang terlibat masih melakukan proses pemadaman karena kobaran api masih menyala meski tidak terlalu besar.

“Api berhasil di padamkan pukul 22.20 wib, unit pemadaman damkar terkendala pengambilan air, karena kondisi tanjakan curam jadi bawa air nya tidak bisa full,” ucapnya.

Masih kata Idrus, dalam peristiwa kebakaran lahan di kawasan objek wisata puncak Darma tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka, hanya saja salah satu warung milik warga sempat teramcam terbakar, api dengan cepat dapar dipadamkan.

“Kalau warung warung di sekitar wisata puncakdarma lainnya kondisi aman karena berada di sebrang jalan jalur provinsi, hanya satu warung terancam karena berdekatan dengan lokasi kejadian,” bebernya.

“Saat ini tim gabungan masih melakukan pemantauan kondisi dilapangan dan memberi himbauan kepada warga dan pengunjung yang berada di lokasi untuk tidak mendekati area yang terdampak kebakaran karena membahayakan,” tandasnya. (Ndi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *