Update Gempa Cianjur, PMI Masih Layani Pembuatan Hunian Darurat

Relawan Palang Merah Indonesia PMI
Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) terus melayani pembuatan hunian darurat bagi warga korban gempa Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur.(ANTARA/Ahmad Fikri)

JAKARTA — Palang Merah Indonesia (PMI) masih melayani pembuatan hunian darurat bagi warga korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, seiring masih tingginya permintaan dari donatur dan warga penyintas yang ingin keluar dari posko pengungsian dengan target 300 unit sepanjang bulan Januari.

Koordinator Lapangan PMI Cianjur, Fajar Aciana di Cianjur Kamis, mengatakan memasuki bulan ketiga setelah gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur, Senin (21/11/2022), pihaknya banyak mendapat permintaan dari donatur PMI kabupaten/kota di Indonesia untuk disalurkan ke hunian darurat.

Bacaan Lainnya

“Tidak hanya dari PMI, kami juga banyak mendapat donasi dari berbagai kalangan untuk disalurkan ke hunian darurat, sehingga untuk bulan Januari, kita targetkan pesanan dari berbagai kalangan sebanyak 300 unit dapat terbangun di sejumlah desa terdampak,” katanya.

Tercatat sampai tanggal 12 Januari, 171 hunian darurat sudah dibangun relawan PMI di beberapa desa di Kecamatan Pacet, Cugenang, Cianjur dan Warungkondang, lengkap dengan sanitasi dan pipanisasi untuk memudahkan warga melakukan kegiatan sehari-hari.

Target pembangunan hunian darurat setiap bulan-nya akan terus bertambah seiring tingginya permintaan dari donatur dan warga terdampak, sehingga pihaknya akan menargetkan hunian darurat akan terus dilayani sampai angka 1.000 unit.

Pos terkait