Pelabuhan Cirebon Harus Bermamfaat Nyata

  • Whatsapp

CIREBON— Rencana Induk Pelabuhan (RIP) sudah ditandatangi Menteri Perhubungan.

Tim Masyarakat Peduli Pelabuhan Cirebon (TMP2C) pun menilai semua aspek harus diperhitungkan. Karena, pengembangan Pelabuhan Cirebon sangat dekat dengan permukiman warga.

Bacaan Lainnya

Ketua TMP2C, Kasno Hardi Iwan mengatakan, pengembangan pelabuhan untuk meningkatkan perekonomian suatu daerah “Utamanya untuk memudahkan akses lalu lintas laut baik untuk muatan barang maupun orang,” ujarnya.

Namun, lanjut Kasno, pengembangan pelabuhan perlu memerhatikan beragam aspek. Khususnya dampak sosial dan lingkungan.

Menurut Kasno, pengembangan Pelabuhan Cirebon lebih dikarenakan untuk kegiatan utama batubara dan selebihnya komoditas lain.

“Belum lagi soal transportasi darat dari Pelabuhan Cirebon ke daerah tujuan masih melalui jalan kota yang padat lalu lintas,” lanjutnya.

Karena itu, kata Kasno, dampak negatif yang kemungkinan akan timbul harus diantisipasi agar tidak menimbulkan gejolak maupun kerawanan lain.

Kasno pun menyarankan Pelabuhan Cirebon juga harus memberikan manfaat yang nyata. Bukan saja manfaat untuk pelaku bisnis dan pengelola pelabuhan, akan tetapi masyarakat Kota Cirebon. Khususnya masyarakat sekitar Pelabuhan.

“Agar diberi akses yang cukup untuk bisa menikmati berkembangnya pelabuhan, terutama dalam hal pekerjaan maupun ditempatkan sebagai karyawan jika memenuhi persyaratan yang dibutuhkan,” sarannya.

Kasno menyampaikan, jika pihak pelabuhan dan pemerintah memiliki perencanaan yang matang, tentu Pengembangan Pelabuhan Cirebon akan memberi manfaat bagi pelaku usaha, masyarakat dan pemerintah.

Sebaliknya, tentu akan banyak persoalan yang timbul.

“Benarkah pengelola Pelabuhan Cirebon KSOP dan Pelindo telah benar-benar siap untuk mereklamasi Pelabuhan? Kita lihat nanti dan semoga saja semua dapat berjalan dengan baik sebagai mana harapan semua pemangku kepentingan,” pungkasnya. (mik/rcb/pojokjabar)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *