Kabupaten Ciamis Bakal Berubah Nama, Bupati : Nama Galuh Lebih Bangga

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan sambutan saat kegiatan Focus Group Discussion melibatkan sejumlah budayawan, seniman, penggiat budaya, para SKPD, camat, tokoh agama dan tokoh masyarakat membahas perubahan nama Ciamis menjadi Galuh yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga di Aula Setda Ciamis, Jawa Barat, Selasa (27/12/2022). (Humas Pemkab Ciamis)

CIAMIS –Perubahan nama daerah Kabupaten Ciamis menjadi Galuh, di Provinsi Jawa Barat masih dalam pembahasan bersama menindaklanjuti usulan masyarakat yang mendorong dan menginginkan perubahan nama daerah Ciamis berdasarkan nilai sejarahnya.

Pembahasan nama daerah itu dilaksanakan melalui kegiatan Focus Group Discussion melibatkan sejumlah budayawan, seniman, penggiat budaya, para SKPD, camat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga di Aula Setda Ciamis, Selasa.

Bacaan Lainnya

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan bahwa Galuh bagi masyarakat Ciamis merupakan nama yang mempunyai arti penting, memiliki filosofi, harfiah, kaya akan histori dan sudah menempel kuat di hati masyarakat.

“Rasa bangga terhadap Galuh dapat kita lihat dalam setiap penamaan di Kabupaten Ciamis, seperti Stadion Galuh, Universitas Galuh, PDAM Tirta Galuh, bahkan tim sepak bola PSGC dan lain sebagainya,” kata Bupati.

Ia menyampaikan kepedulian masyarakat dengan pemberian nama Galuh itu menunjukkan semangat banyak masyarakat Ciamis.

“Nama Galuh masih menjadi spirit bagi warga masyarakat kita, sehingga kata Tatar Galuh selalu tersampaikan dalam setiap ucapan atau ungkapan sehari-hari,” katanya. Bupati mengungkapkan secara historis perubahan nama Ciamis menjadi Galuh dilatarbelakangi saat debat terbuka Pemilihan Bupati Ciamis yang dicanangkan oleh salah satu peserta debat.

Dalam debat itu, kata dia, menjadi pertimbangan bagi bupati terpilih untuk mewujudkannya dengan membentuk komitmen, kemudian diterbitkan keputusan Bupati Ciamis Nomor 060/KPTS.72-HUK/2022 tentang Pembentukan Panitia Persiapan Perubahan Nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh.

Pos terkait