Iwan Sumitra Terpilih Jadi Ketum FKK SMKS Indonesia

  • Whatsapp
Forum Komunikasi Kepala SMK Swasta (FKK SMKS) Indonesia
Forum Komunikasi Kepala SMK Swasta (FKK SMKS) Indonesia

KARAWANG – Kepala SMK Tri Mitra Cikampek, Iwan Sumitra, terpilih menjadi Ketua Umum Forum Komunikasi Kepala SMK Swasta (FKK SMKS) Indonesia.

Pemilihan itu digelar dalam acara Rapat Koordinasi Nasional FKK SMKS Indonesia di Hotel Brits Karawang pada Jumat (23/10/2021).

“Forum ini dibentuk atas dasar agar ada kekompakan kepala SMK swasta. Kemudian ingin agar ada pemerataan pendidikan sampai ke pelosok,” ujar Iwan, kepada pojokjabar.com, usai kegiatan.

Iwan menjelaskan, FKK SMKS ini awal mula dibentuk di Karawang pada tahun 2018. Kemudian berkembang ke tingkat provinsi dan saat ini deklarasi tingkat nasional.

“Kami para kepsek sepakat menyamakan persepsi dengan membentuk forum,” ujar Iwan.

Salah satu fungsi FKK SMKS ini, kata Iwan, adalah memperjuangkan agar ada pemerataan kesejahteraan bagi para guru di sekolah swasta.

Selain itu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah daerah, dan pelaku industri untuk menyerap siswa lulusan SMK swasta agar bekerja di perusahaan.

“Peluang untuk terserap semua oleh perusahaan memang terbatas. Tapi kedepan kita akan dorong agar dibentuk teaching factory yaitu belajar wirausaha agar siswa lulusan belajar berwirausaha,” ujarnya.

Acara ini diikuti oleh puluhan kepala SMK swasta yang ada di Indonesia. Sebagian peserta tidak datang ke Karawang namun hanya mengikuti lewat saluran zoom.

Sementara itu, hadir pula dari perwakilan Pejabat Kementerian Pendidikan, Dr. Agus Imade Irwana.

Dia berharap, keberadaan FKK SMKS ini bisa bermanfaat bagi sekolah, guru, dan siswa. (ega/pojokjabar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *