Tingkatkan Sektor Wisata, Abdul Muiz : Pemkab Wajib Segera Berdayakan UMKM Lokal

Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS Abdul Muiz
KUNJUNGAN : Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS Abdul Muiz bersama anggota lain melakukan peninjauan ke lokasi wisata curug Sodong dan Curug Cikanteh yang berada di Kabupaten Sukabumi belum lama ini.

SUKABUMI — Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS Abdul Muiz mengharapkan sektor wisata harus bisa menjadi unggulan daerah, khususnya Kabupaten Sukabumi. Untuk itu dirinya meminta Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk memberdayakan masyarakat sekitar tempat wisata untuk menciptakan sovenir, produk olahan lokal melalui UKM.

“Pemkab harusnya segera berdayakan masyarakat sekitar untuk bisa menghasilkan sovenir, produk olahan lokal melalui UKM, kemudian berdayakan bumdes, kelompok sadar wisata dan Gandeng swasta untuk percepatan pembangunan kepariwisataan dengan berkolaborasi dgn masyarakat sekitar, “jelasnya.

Bacaan Lainnya

“Potensi obyek wisata Kabupaten Sukabumi sangat lengkap, Gurilaps perlu dioptimalkan, “tambahnya.

Saat ini Pemprov Jawa Barat telah memfasilatasi pengembangan tiga obyek wisata di Kabupaten Sukabumi melalui dana PEN. Pertama Curug Sodong Ciwaru Ciemas, Karanghawu dan pemandian air panas Cisolok.

Kemudian, Satu lagi obyek wisata yang difasilitasi pengembangannya oleh Pemprov Jabar, Obyek Wisata Penyu Pangumbahan Ujung Genteng melalui anggaran Dinas Perikanan Kelautan dan Dinas Pariwisata Kebudayaan Jabar Tahun anggaran 2022 dan 2023.

“Fasilitas yang telah dibangun harus dioptimalkan pemanfaatan, perawatannya.

Dirinya menjelaskan perlu adanya penguatan promosi, dengan selalu mengadakan event gelar budaya lokal, agar keberadaan obyek wisata harus dirasakan langsung manfaat ekonominya bagi masyarakat sekitar. Kemudian Perlu disiapkan juga home stay untuk pengunjung yang menginap dirumah warga. (adv)

Pos terkait