Lina Ruslinawati Kunjungi Pembangunan Pusat Pengembangan Lebah Trigona

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Lina Ruslinawati
MENUNJUKAN : Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Lina Ruslinawati saat mengunjungi Pusat Pengembangan Lebah Trigona. (Foto : ist)

CIAMIS — Dalam rangka mendukung pengembangan potensi kehutanan, Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Lina Ruslinawati bersama anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat lainnya mengadakan kunjungan ke Pengembangan Lebah Trigona Kabupaten Ciamis .

Peninjauan itu, merupakan Evaluasi atas Progres Pembangunan Pusat Pengembangan Lebah Trigona. Kunjungan Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat ini dipimpin oleh  Lina yang juga sebagai Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat.

Lina Ruslinawati, berkenaan dengan evaluasi tersebut menuturkan Budidaya lebah madu Trigona, telah dikembangkan oleh masyarakat di kecamatan Banjar Anyar kabupaten Ciamis sejak tahun 2007.

Adapun progres report dari kegiatan itu, hingga saat ini, kegiatan budidaya lebah madu jenis Apis Trigona ini masih terus dilakukan oleh kelompok Tani Hutan di desa Bandar Anyar dan menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk disekitar daerah tersebut.

Para petani memproduksi madu asli tanpa campuran bahan apapun, sehingga kualitasnya terjamin dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Potensi bidang kehutanan melalui budidaya lebah madu Trigona di desa Banjar Anyar cukup menjanjikan. Hal ini dibuktikan dengan tingkat pemasarannya yang sangat luas sampai keluar Kota Ciamis.

Dari laporan yang diterima ketua kelompok tani hutan Bina Lestari, hasil dari budi daya lebah madu ini cukup menjanjikan. Produksi madu asli yang dihasilkan bisa mencapai 50 kg dalam setiap bulannya. Namun demikian, jumlah ini masih belum cukup jika melihat permintaan pasar yang membludak.pungkasnya.(adv)

Pos terkait