Abdul Muiz Ajak Masyarakat Berlibur ke Sukabumi, Butuh Satu Pekan untuk Explore

Wisata Sukabumi
BELIBUR : Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS Abdul Muiz mengajak masyarakat untuk berlibur ke Sukabumi.(foto : Dok Abdul Muiz)

SUKABUMI — Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS Abdul Muiz mengajak masyarakat untuk berlibur ke Sukabumi, menurutnya Sukabumi terutama bagian selatan merupakan surganya wisata alam.

“Kita ketahui, Sukabumi bagian selatan, pejampangan ada Geopark Ciletuh , surganya wisata alam. Surade memiliki wisata Megalodon, pantai Minajaya dan Cibitung terkenal dengan wisata air terjun Cikasonya yang sangat eksotik serta Ujung Genteng dikenal pantai yang sangat indah dengan pasir putihnya dan secara husus wisata penyu pangumbahan, “terangnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, mengunjungi Geopark Ciletuh tidak cukup satu dua hari, bahkan satu pekanpun akan terasa kurang. Banyak curug yang sangat luar biasa pemandangannya. Pekan akhir Desember dan awal Januari merupakan hari 2 dimana sekolah sedang libur, yang biasanya dimanfaatkan untuk rekreasi.

“Yuk berlibur bersama keluarga dan sahabat ke Sukabumi. Alhamdulillah jalan tol Bocimi tahap II sudah dibuka bagi para pengendara mobil, tentunya akan menjadi sensasi tersendiri. Pemandangan sepanjang tol Bocimi tahap satu dan dua akan menyuguhkan pemandangan alam nan elok dinikmati, gunung Salak, gunung Gede Pangrango serta lembah hijau terpampang sepanjang perjalanan, “jelasnya.

Keluar tol tahap II langsung masuk ke jalan nasional, dan untuk menghemat waktu menuju kawasan wisata Surade dan sekitarnya , bisa memilih jalur jalan provinsi mulai dari pertigaan Cikidang hingga pelabuhanratu. Saat ini kondisi jalan Cikidang cukup baik dan bisa dinikmati.

“Pemandangan lembah dengan tanaman kelapa sawit kanan kiri jalan. Namun harus sedikit perlu waspada, karena ada beberapa tikungan super tajam, terlebih mendekati Kota Palabuhanratu naik turun nanjak berkelok, sehingga perlu dicek kesehatan mesin kendaraan sebelum berangkat, “tambahnya.

Sementara dari Palabuhanratu melalui dua jembatan kembar Simpenan menuju pertigaan Kiaradua, jalan  mulus berkelok, dengan pemandangan alam perbukitan, sembari bisa menikmati pemandangan teluk Palabuhanratu dari atas jalan berbukit.

Mendekati pertigaan Kiaradua hamparan kebun teh menghiasi perbukitan. Beberapa titik dijalur jalan provinsi Jabar ini ada beberapa daerah rawan longsor dan tebing batu, perlu sedikit kewaspadaan terlebih sekarang masih musim hujan.

“Jalan alhamdulillah mulus, bergaris putih, dan beberapa titik tikungan ada pagar pembatas jalan serta beberapa pengingat awas ada longsor. Dari Kiara Dua menuju Jampang Kulon Surade melewati Waluran, beberapa ruas jalan Provinsi Jabar bari selesai peningkatan kwalitas jalan sehingga semakin nyaman, garis pinggir dan tengah dengan cat baru dan drainase sangat membantu driver, “terangnya.

Sementara dari Jampang Tengah ke Surade dan ujung genteng masih ditemui beberapa lubang kecil, walaupun sebagian besar sudah dilakukan perbaikan dan pengaspalan. Khusus dari Surade ke Ujung Genteng jalan lebih sempit dan perlu peningkatan kwalitas jalan.

“Jangan lupa sepanjang jalan banyak kuliner dan makanan has pajampangan seperti opak. Selamat berlibur dan berwisata di Geopark Ciletuh. Semoga menyenangkan, menyegarkan, dan happy. Semoga perjalanan ke wisata alam pakidulan Sukabumi membawa insiprasi untuk lebih bersemangat mengejar cita-cita, “terangnya. (adv)

Pos terkait