CIANJUR

Stroke Centre Diresmikan, Satu-satunya di Jawa Barat

CIANJUR – Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman meresmikan Stroke Centre di RSUD Sayang Cianjur, Selasa (20/3/2018).

Selain tempat perawatan, stroke centre dilengkapi dengan kolam panas terapi, dan beberapa kamar khusus untuk terapi. Stroke centre ini memiliki kapasitas perawatan 30 orang dengan beberapa ruangan khusus untuk penanganan yang memerlukan perhatian tinggi.

Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan Stroke Centre yang ada di RSUD Cianjur ini adalah satu-satunya Stroke Centre yang ada di RSUD di Jawa Barat.

“Selain bermanfaat bagi warga Cianjur Stroke Centre ini juga dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Jawa Barat,” katanya.

Menurut Herman, selain untuk pengobatan, stroke centre ini berperan sebagai media untuk sosialisasi pencegahan agar warga Cianjur khususnya terhindar dari penyakit stroke.

“Ini merupakan kabar gembira di Cianjur ada RS Stroke Centre, saya tadi sudah konsultasi dengan dokter yang paling utama adalah pencegahan stroke, tentu stroke centre ini akan berperan dalam sosialisasi pencegahan,” ujar Herman.

Herman mengatakan stroke centre menyediakan fasilitas pemeriksaan sejak dini mengenai stroke. Dari hasil analisa sementara penyebab utama stroke adalah tekanan darah tinggi ada juga karena stres, merokok, dan faktor lainnya.

“Saya berharap semoga warga Cianjur tak terkena stroke, untuk pencegahan maka datanglah ke rumah sakit ini,” kata Herman.

Menurutnya peralatan di stroke centre sudah cukup baik dan menunjang untuk perawatan dan pencegahan. Herman mengatakan untuk kelas III sesuai dengan arahan Bupati Cianjur maka pelayanan digratiskan untuk warga Cianjur yang tak mampu.

“Untuk biaya berobat warga Cianjur akan dijamin oleh pemerintah daerah, tapi jangan sampai yang mampu pura-pura tak mampu,” kata Herman.

Ia mengatakan selain dari perlengkapan peralatan, stroke centre juga dilengkapi dengan sumber daya manusia dan dokter yang berpengalaman di bidangnya.

“Semoga dengan dibuka stroke centre ini bermanfaat untuk warga Cianjur khususnya dan Jawa Barat pada umumnya,” kata Herman.

Sementara itu, Kepala Ruangan Hidroterapi sekaligus Spesialis Rehabilitasi Medik dr Risma Pasaribu mengatakan ada tiga alat terapi air yang terdapat di stroke centre RSUD Sayang Cianjur. Alat tersebut adalah hidropull, whiirpool, dan hubertank.

“Dengan adanya media air gerakan sendi lebih mudah dan ringan, terapi ini bisa digunakan setiap harinya selama 30 menit,” kata Risma.

(radar cianjur/dil)

Tags
loading...

One Comment

  1. Dear : Bapak/ Ibu

    saya mau tanya cara berobat di sini gimana ?
    apa masih terima pasien baru ?
    saudara saya stroek baru 10 hari yang lalu dan sekarang baru keluar dari rumah sakit , tapi tangan dan kaki kirinya tidak ada tenaga

    mohon saran
    thanks
    arlini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button