Segera Dibuka, Menara Pemantau di Alun-alun Cianjur

Menara Alun-alun di Cianjur

CIANJUR, RADARSUKABUMI.com – Pemerintah Kabupaten Cianjur bakal segera membuka fasilitas menara pemantau yang terletak di dalam kawasan Alun-alun Cianjur.

Namun pembukaannya masih harus menunggu regulasi lanjutan dari Peraturan Daerah (Perda) yang saat ini tengah digodok. Sebab, untuk bisa menikmati dan naik ke menara tersebut, warga akan dikenakan biaya retribusi.

Bacaan Lainnya

Kabag Humas Setda Kabupaten Cianjur, Gagan Rosganda mengatakan, menara pemantau tersebut sudah direncanakan bakal dibuka dalam waktu dekat , dan diharapkan bisa menjadi fasilitas baru bagi pengunjung alun-alun.

”Targetnya bisa digunakan juga oleh pengunjung sambil menunggu waktu berbuka di Ramadan ini. Tapi kembali lagi, tergantung pada regulasi lanjutan dari Perda yang sudah dibuat sebelumnya. Kalau peraturan bupati-nya sudah selesai, bisa langsung dibuka untuk umum,” ujarnya.

Dari menara pemantau tersebut banyak pemandangan indah yang bisa dilihat. Mulai dari kawasan alun-alun secara utuh, kawasan perkotaan, dan penglihatan langsung menuju wilayah Cianjur utara dengan Gunung Gede Pangrango sebagai latar utamanya.

Lanjutnya, untuk bisa naik ke menara tersebut akan dikenakan retribusi. Jumlah pengunjung yang naik pun akan dibatasi. Hal itu dilakukan untuk mencegah kelebihan beban.

”Pasti ada pembatasan, maksimalnya berapa orang. Kalau mau naik, tunggu yang dari atas turun dulu. Jadi tidak bisa langsung banyak, kan disesuaikan dengan batas beban,” paparnya.

Gagan mengharapkan dibukanya menara pemantau tersebut akan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan dari luar kota untuk menunjungi alun-alun Cianjur.

Akan tetapi, pengunjung juga diharapkan bisa menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanan alun-alun. Pasalnya, meskipun sudah ditambah banyak tempat sampah, masih ada sampah yang dibuang sembarangan.

”Bahkan sebelumnya sampai tempat sampah kosong sementara di sekitarnya banyak sampah berserakan. Kami harap pengunjung juga bisa menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama, karena itukan fasilitas umum,” tutupnya.

(RC/kim/pojokjabar/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.